Berita Daerah

Permudah Petani Dapatkan Pupuk Besubsidi, Pemerintah Luncurkan Kartu Tani

Foto Berita Daerah

KRONIK TOTABUAN – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian resmi meluncurkan kartu tani yang terintegrasi dengan kartu debit untuk pembayaran.

“Dengan kartu ini nantinya petani bisa mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi, saat ini sudah ada 3.456 petani sudah terdaftar dan memiliki kartu tani,” ujar Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Penyuluhan Pertanian, Dinas Pertanian dan Perikanan (Ditankan) Kotamobagu Rahmat Talibo, Selasa (27/7/2021).

Dirinya menambahkan bahwa untuk memiliki kartu tani, para petani harus mendaftar terlebih dahulu dengan meberikan persyaratan  yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Pendaftaran Seleksi CASN Ditutup, Berikut Total Jumlah Pendaftar di Kabupaten Boltim

“Petani bisa langsung menghubungi penyuluh di desa atau kelurahan setempat dengan membawa Foto copy KTP dan Kartu Keluarga,” lanjutnya.

Rahmat mengtakan hal ini setelah dibukanya kembali sistem aplikasi e-RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok), sejak tanggal 30 Juni hingga 30 Oktober mendatang oleh Kementrian Pertanian.


“ Jadi yang belum mendaftar untuk segera menghubungi penyuluh. Jadi e-RDKK yang menyuplai kebutuhan pupuk selama setahun ini, dibuka oleh pihak Kementan dan mereka pula yang nanti akan menginput data yang masuk Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga telah diserahkan ke penyuluh, maka akan dilakukan pengambilan titik koordinat lahan dan akan melakukan penginputan data ke sistem e-RDKK,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, kartu tani hanya bisa diberikan bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani.

“Sedangkan yang belum tergabung bisa membentuk kelompok tani yang baru atau bergabung ke kelompok yang sudah ada yang bisa difasilitasi oleh penyuluh. Hubungi penyuluh agar mereka memfasilitasinya. Apakah digabung atau dibuatkan kelompok tani yang baru,” ujarnya.

Rahmat melanjutkan bahwa apabila sudah melalui tahap verifikasi sampai pada Kepala Dinas, maka data akan masuk ke pihak Bank BNI untuk dibuatkan kartu tani tersebut.

“Selain bisa digunakan sebagai alat untuk membeli pupuk, kartu tani ini juga bisa sebagai alat untuk menabung seperti ATM pada umumnya,” tandasnya.(Retho)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top