.

Berita Daerah

Potensi Besar Kopi dan Kakao Kotamobagu, Produksi Capai Ratusan Ton

Foto Berita Daerah

KRONIK TOTABUAN – Produksi kopi dan kakao di Kota Kotamobagu sangat menjanjikan dengan produksi mencapai ratusan ton. Hal ini sebagaimana data yang diungkap oleh Badan Perencanaan penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kota Kotamobagu.

Dari data Bappelitbangda Kotamobagu itu, produksi mencapai ratusan ton itu dari hasil perkebunan Kopi dan Kakao di daerah bisa terwujud menyusul luas lahan perkebunan di wilayah Kotamobagu masih cukup luas.

Dimana, dari data tersebut diketahui untuk luas lahan perkebunan kopi di Kotamobagu bisa mencapai 228,75 hektare, sementara dari luas lahan tersebut ada 225,05 hektare yang tercatat masih merupakan lahan produksi aktif untuk tanaman kopi, dari data itu juga terinformasi kalau produktifitas perkebunan kopi saat ini di Kotamobagu menyentuh angka 0,676 ton per hektar lahan.

Sementara itu, untuk perkebunan kakao sendiri di Kotamobagu masih seluas 1115,19 hektare, dengan luas lahan aktif yakni 815,19 hektare, dengan jumlah produksi 0,75 ton per hektare.

Data potensi perkebunan kopi dan kakao di Kotamobagu itu, dipaparkan Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah atau Bappelitbangda Kota Kotamobagu, di hadapan tim dari Kementerian Kordinator Perekonomian dan tim dari Kementerian Dalam Negeri, yang tengah berkunjung ke Kotamobagu, untuk melakukan monitoring dan evaluasi di daerah itu. (*)

To Top