.

Berita Daerah

Sudah 3.456 Petani Di Kotamobagu Kantongi Kartu Tani

Foto Berita Daerah
kepala dispertanak kotamobagu, muhammad yahya

KOTAMOBAGU – Sesuai dengan data Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, 3.456 petani di Kotamobagu sudah memiliki kartu tani.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Dispertanak Kotamobagu, Mohammad Yahya bahwa Kartu Tani merupakan program Nasional sebagai bentuk perlindungan terhadap petani.

Baca Juga: Sudah 1.140 Nakes Ikut Vaksinasi, Tanty: Alhamdulilah Tanpa Kendala

“Program ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) nomor 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani serta penggunaan kartu tani,” ujar Yahya, Senin (22/2/2021).

Dirinya juga mengatakan bahwa petani yang menerima Kartu Tani adalah petani yang terdaftar dalam kelompok tani, sehingga dengan menggunakan Kartu Tani, petani akan mudah membeli pupuk bersubsidi.

Baca Juga: Gunakan Badan Jalan, Dishub Tertibkan Parkir Di Depan Adira Finance Dan BNI Kotamobagu

“Selain itu, lebih efektif dalam menyalurkan pupuk subsidi supaya tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Penyuluhan Pertanian, Rahmat Putra Talibo menambahkan, petani yang memperoleh Kartu Tani harus terdaftar dalam aplikasi Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN).

“Serta terdata dalam sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) yang sudah disediakan Kementerian Pertanian,” ujar Rahmat.(bto)

To Top