Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Tanpa Kenal Henti, Cherish Harriette Terus Pacu Pembentukan Provinsi BMR, Tito Karnavian Bilang Begini


6 Sep 2023 16:22 WITA


 Tanpa Kenal Henti, Cherish Harriette Terus Pacu Pembentukan Provinsi BMR, Tito Karnavian Bilang Begini Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Hingga saat ini, senator Sulut, Cherish Harriette Mokoagow terus memperjuangkan Bolaang Mongondow Raya (BMR) agar dibentuk menjadi Daerah Otonom Baru.

Hal itu terkuak saat Komite I DPD RI menggelar rapat kerja bersama Mendagri Tito Karnavian pada Senin 4 September 2023, lalu.

Rapat kerja tersebut, membahas pelaksanaan urusan pemerintahan, penataan daerah otonom dan desain besar otonomi daerah, penjabat kepala daerah, serta pembahasan Rancangan Undang-Undang Perubahan Undang-Undang DKI Jakarta.

Pada rapat kerja, Cherish menyampaikan secara langsung ke Mendagri Tito Karnavian tentang Calon Daerah Otonom Baru (CDOB). Termasuk salah satu yang ditanyakan yakni aspirasi warga Bolaang Mongondow Raya (BMR) tentang pembentukan Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Pak Mendagri terkait kelanjutan rencana pemekaran beberapa daerah di Indonesia atau Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) yang telah diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri, yang mana salah satunya adalah Provinsi Bolaang Mongondow Raya (BMR), Sulawesi Utara yang sudah memenuhi syarat,” tanya Cherish saat rapat kerja.

Menurut Cherish, syarat yang diusulkan tentang pemekaran Provinsi BMR sudah tidak ada masalah lagi. Bahkan katanya semua persyaratan sudah dipenuhi oleh panitia.

Bagi Cherish, untuk perjuangan pemekaran PBMR sebagai DOB Provinsi BMR merupakan harga mati.

Sebab selain terus menyuarakan lewat lembaga, juga memboyong Ketua DPD RI
Lanyalla Mahmud Mattalitti ke Sulut khususnya ke Bolaang Mongondow.

“Perjuangan Provinsi BMR terus disuarakan di parlemen,” sebut Cherish.

Selama menjadi anggota DPD RI, Cherish tetap konsisten terkait memperjuangkan Pemekaran BMR. Hal ini dikarenakan Rakyat BMR sudah sangat menantikan pemekaran ini yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat, percepatan demokrasi, percepatan perekonomian daerah dan percepatan pengelolaan potensi daerah di wilayah BMR.

Sementara, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, aspirasi yang disampaikan Senator Cherish, tentang usulan pemekaran Provinsi BMR sudah masuk.

Saat ini Kemendagri menaruh perhatian khusus bagi 7 CDOB di Sulawesi Utara, terutama Provinsi BMR.

Namun, Kemendagri tengah mempertimbangkan dan berharap keadaan fiskal negara kita segera membaik, sehingga pemekaran Provinsi BMR akan jadi prioritas dan sama-sama diperjuangkan.

Pada rapat kerja ini, Komite I menilai di tahun kesembilan pelaksanaan undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Dalam kurun waktu tersebut, telah banyak yang dihasilkan dan dicapai, namun masih ada pula yang belum dilaksanakan secara optimal.

Selain itu, lahirnya beberapa peraturan perundang-undangan seperti Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang perubahan Undang-Undang Cipta Kerja dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. (*)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 338 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tindak Lanjuti Pengajuan Proposal Rehabilitasi Gelora Ambang, Pj. Walikota Kunjungi Kemenpora

21 Juni 2024 - 18:23 WITA

Asisten 1 Setda Kotamobagu Terima Kunker Kanwil Kemenkumham Sulut

20 Juni 2024 - 20:16 WITA

Pj. Walikota Lakukan Kunker ke RSI Jakarta, Ini yang Dibahas

20 Juni 2024 - 20:08 WITA

Lestarikan Tradisi Bekarang, Pemkab Muba Akan Gelar Festival Embung Senja

20 Juni 2024 - 17:09 WITA

Meiddy- Haris Menguat Diusung PDIP di Kotamobagu, Ini Penegasan DPP

20 Juni 2024 - 06:11 WITA

Sholat Ied Adha di Desa Momalia, Bupati Bolsel Ajak Masyarakat Bersyukur dan Pererat Kebersamaan

17 Juni 2024 - 19:22 WITA

Trending di Berita Bolsel