Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

2017, Tanda Tangan Dokumen Perizinan Lewat Online


27 Okt 2016 11:17 WITA


 Noval Manoppo Perbesar

Noval Manoppo

Noval Manoppo
Noval Manoppo

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) seakan tak kehabisan ide menciptakan inovasi baru. Setelah sukses dengan berbagai aplikasi layanan publik berbasis internet, kini Pemkot menggagas sistem penandatangan secara online. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah, mempercepat dan trasnparansi pelayanan ke masyarakat.

Sistem tanda tangan secara online hanya dikhususkan untuk pelayanan perizinan. Sehingga masyarakat yang datang mengurus izin bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan dokumen perizinan yang diurus.

“Meskipun pejabat yang bersangkutan berada di luar daerah, penandatanganan dokumen perizinan tetap bisa dilakukan. Jadi tidak ada alasan pelayanan terhenti hanya karena pejabat yang berwenang menandatangani perizinan tidak berada di tempat,” kata Wali Kota Tatong Bara, Kamis (27/10).

Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kotamobagu Noval Manoppo menambahkan, pihaknya telah menyiapkan aplikasi khusus tanda tangan online. Namun untuk pelaksanaannya masih menunggu Peraturan Walikota (Perwako).

“Ada aturan yang melarang pejabat menandatangani dokumen ketika berada di luar daerah. Makanya diperlukan payung hukum untuk mengatur sistem penandanganan itu,” ujarnya.

Noval mengungkap, pihaknya telah melakukan studi banding ke Surabaya yang sudah lebih dulu menerapkan sistem seperti ini. “Kota Surabaya sudah menerapkannya. Kita adopsi sistem yang mereka terapkan di sana,” tutupnya. (rez)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj. Walikota Kotamobagu Lepas Bantuan Pemkot untuk Korban Bencana Alam di Sitaro

20 April 2024 - 19:09 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Hadiri Perayaan Hari Raya Ketupat di 3 Desa dan Kelurahan

20 April 2024 - 19:03 WITA

Repdem Kotamobagu Dukung Meiddy Makalalag Calon Walikota, Ella: Solid Bergerak

20 April 2024 - 10:00 WITA

Sopir Grand Max Pengangkut Minyak Ilegal yang Terbakar Diamankan Polres Muba

19 April 2024 - 14:11 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Ikuti Rapat Evaluasi Tugas Pemerintahan Bersama Pemprov

18 April 2024 - 20:21 WITA

Pemkab Muba Rapat Bahas Pengelolaan BMN

18 April 2024 - 20:20 WITA

Trending di Berita Daerah