Menu

Mode Gelap

Headline News

Hindari Lima Kebiasaan Ini Sebelum Tidur, Berat Badan Susah Turun


4 Jan 2024 06:31 WITA


 Ilustrasi tidur Perbesar

Ilustrasi tidur

Kroniktotabuan.com  – Bagi yang sedang berjuang menurunkan berat badan, lima kebiasaan ini wajib dihindari. Sebab berat badan susah turun jika kamu abai dengvan peringatan yang dikutip dari laman Times of India, Rabu (3/1/2024).

Lalu apa saja lima kebiasaan yang perlu dihindari tersebut? Simak ulasannya.

1. Jadwal Tidur Tidak Teratur

Pola tidur yang tidak konsisten dapat merusak jam internal tubuh, yang disebut ritme sirkadian. Jika ritme sirkadian terganggu, hal ini dapat memengaruhi metabolisme dan regulasi hormon.

Untuk membangun rutinitas tidur yang sehat, usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Konsistensi ini membantu tubuh Anda menyelaraskan prosesnya dengan jadwal yang teratur, yang dapat mendorong penurunan berat badan.

2. Tetap Terhidrasi
Tidak minum cukup air di siang hari menyebabkan dehidrasi, yang dapat bermanifestasi sebagai keinginan ngemil di malam hari. Terkadang, tubuh salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar, sehingga membuat memilih camilan padahal yang sebenarnya dibutuhkan hanyalah hidrasi.

Untuk mencegah hal ini, pastikan Anda tetap terhidrasi dengan cukup sepanjang hari. Namun berhati-hatilah untuk mengurangi asupan cairan di malam hari untuk menghindari seringnya pergi ke kamar mandi di malam hari.

3. Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan dapat menyebabkan makan secara emosional, terutama di malam hari ketika Anda lebih rentan terhadap keinginan ngemil.

Tingkat stres yang tinggi memicu pelepasan kortisol, yang dapat meningkatkan nafsu makan dan preferensi terhadap makanan yang menenangkan. Untuk mengelola stres, praktikkan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dalam, meditasi, atau yoga.

4. Ngemil

Larut Malam Ngemil di tengah malam sangat menggoda bagi banyak orang. Ketika Anda ngemil menjelang waktu tidur, tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk membakar kalori tersebut sebelum tidur.

Selain itu, camilan larut malam seringkali mengandung banyak gula dan lemak tidak sehat, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan seiring berjalannya waktu.

Untuk mengatasi kebiasaan ini, tentukan batas waktu makan tertentu di malam hari, idealnya setidaknya dua jam sebelum tidur. Cara ini memungkinkan tubuh mencerna makanan terakhir secara efektif dan mencegah kalori ekstra disimpan sebagai lemak.

5. Main Gadget di Tempat Tidur

Kebiasaan menggunakan gadget seperti ponsel, tablet, atau laptop di tempat tidur bisa mengganggu pola tidur. Perangkat ini memancarkan cahaya biru, yang dapat mengganggu produksi melatonin dalam tubuh, hormon yang mengatur tidur.

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, termasuk peningkatan ghrelin (hormon rasa lapar) dan penurunan leptin (hormon yang memberi tahu kapan Anda sudah kenyang).***

Sumber: PMJ News

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tangan Dingin Mekal Bawa PDIP Segel 9 Kursi DPRD Kotamobagu

22 Februari 2024 - 19:14 WITA

Warga Desa Macang Sakti Sepakat Antar Apriyadi Jadi Calon Bupati

31 Januari 2024 - 20:30 WITA

Jarang Diketahui! Ini 4 Manfaat Rutin Mengkonsumsi Pop Corn

27 Januari 2024 - 18:49 WITA

Ribuan Warga Kotamobagu Selatan Komitmen Menangkan Rio Dondokambey, Mahfud-Ganjar dan Mekal

25 Januari 2024 - 15:24 WITA

Bupati Buka Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama Pemda Bolsel

24 Januari 2024 - 17:41 WITA

Jarang Diketahui! Ternyata 5 Daun Ini Ampuh Libas Gejala Kolesterol

21 Januari 2024 - 15:32 WITA

Trending di Health