.
Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri Iklan Resmi Pemerintah kota Kotamobagu Idul Fitri
Berita Kotamobagu

Sendok Hingga Tempat Tidur di Rujab Wawali Kotamobagu Diduga Hilang. Begini Penjelasan Jainuddin Damopolii!

Sendok Hingga Tempat Tidur di Rujab Wawali Kotamobagu Diduga Hilang. Begini Penjelasan Jainuddin Damopolii! Berita Kotamobagu
Begini kondisi salah satu kamar di rujab Wakil Walikota Kotamobagu. (kronik totabuan)
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar upacara adat Poponikan Kon Komalig, Rabu (3/9/2018). Ribuan warga hadir.

Upacara adat ini proses awal untuk Walikota Tatong Bara dan Wakil Walikota (Wawali) Nayodo Koerniawan menempati rumah jabatan (rujab).

Meski sudah digelar upacara, Nayodo Koerniawan belum bisa langsung menempati rujab. Pasalnya, rujab tersebut ternyata kosong tak berperabot.

Mulai dari sendok hingga tempat tidur tidak ada yang tersisa di rujab yang beberapa waktu lalu baru saja ditinggal oleh mantan Wakil Walikota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii.

Yang tersisa di rujab tersebut hanya tiga set kursi di ruang utama dan ruang makan, beberapa lemari, televisi, sound system dan satu kompor gas.

Sendok Hingga Tempat Tidur di Rujab Wawali Kotamobagu Diduga Hilang. Begini Penjelasan Jainuddin Damopolii! Berita Kotamobagu

Begini kondisi dapur di rujab wakil walikota. (kronik totabuan)

Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu sudah mendata aset-aset yang sudah tidak ada di rujab wawali.

“Nilai aset yang sudah tidak ada lagi di rumah jabatan wakil walikota ini jika merujuk pada harga belanja awal yakni Rp826 juta,” kata sumber di Bagian Umum Pemkot Kotamobagu.

Sumber menambahkan, aset di rumah jabatan yang sudah dikembalikan oleh mantan Wakil Walikota Jainuddin Damopolii baru sekira Rp1,1 miliar.

“Nilai aset keseluruhan berdasarkan belanja awal Rp1,9 miliar. Itu kita hitung sebelum penyusutan. Datanya ada semua. Dalam waktu dekat kami akan koordinasi dengan mantan wakil walikota untuk menanyakan aset-aset yang tidak ada lagi di rumah jabatan ini. Karena itu akan menjadi temuan pada pemeriksaan nanti,” tambah sumber.

“Memang belum layak ditinggali. Piring dan sendok saja tidak ada. Pak Wakil Walikota sudah kembali ke rumah pribadi beliau di Gogagoman,” ujar sumber.

Mantan Wakil Walikota Kotamobagu, Jainuddin Damopolii, dikonfirmasi via telepon mengakui jika beberapa aset di rujab berada di rumah pribadinya.

Jainuddin mengatakan, sudah meminta Bagian Umum Setda Kotamobagu untuk membuat berita acara soal aset yang harus dikembalikan.

“Bukan dibawa pulang. Kebetulan saat selesai cuti ikut Pilkada lalu, saya tidak kembali lagi ke rujab. Aset tetap saya gunakan. Kalau ada yang hilang, akan ditukar karena itu milik negara,” kata Jainuddin.

Jainuddin memastikan akan menukar aset yang dia gunakan berapapun nilainya.

“Kalau harus ditukar, minta tim appraisal (penaksir nilai) menghitung. Tapi harus betul-betul aset yang saya pakai. Jangan orang lain yang bawa dibebankan ke saya. Saya juga tidak mau terkesan saya bawa pulang aset,” katanya. (tr1/vdm)

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

To Top