Berita Kotamobagu

Libur Panjang, Ini Referensi Tempat Wisata di Kotamobagu

Libur Panjang, Ini Referensi Tempat Wisata di Kotamobagu
Hutan Kota.
Kroniktotabuan.com

KOTAMOBAGU– Libur Natal dan Tahun Baru harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk Anda dan keluarga.

Bagi yang berada di Kotamobagu, jika ingin berwisata dengan budget tebatas, tak perlu jauh- jauh ke luar daerah.

Di Kotamobagu, meski belum digarap dengan maksimal oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, memiliki juga tempat wisata yang menarik.

Bisa menjadi tempat wisata keluarga yang ramah dan sudah pasti tidak akan menguras isi dompet.

Pengeluaran hanya transportasi saja dan makan minum selama berada di tempat wisata.

Berikut tempat wisata di Kotamobagu yang bisa Anda dan keluarga datangi.

  1. Huta Kota Bonawang

Libur Panjang, Ini Referensi Tempat Wisata di Kotamobagu

Cobalah menghabiskan waktu dengan keluarga di Hutan Kota Bonawang di Kelurahan Mongkonai, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Destinasi wisata alam ini menyuguhkan keanekaragaman hayati ini dijamin bisa membuat stress hilang. Berwisata ke Hutan Kota Bonawang juga bisa lebih mengedukasi anak tentang alam dan lingkungan beserta isinya.

Letaknya tak jauh dari pusat kota. Dengan luas 4,3 hektar, Hutan Kota Bonawang memiliki fungsi menyegarkan udara dan paru-paru kota.

Hutan Kota Bonawang memiliki 100 jenis vegetasi atau tanaman dan 25 jenis fauna di dalamnya.

Di antaranya, tanaman Nyatoh, Mahoni, Jatih Putih, Angsana dan pohon Cempaka. Sedangkan fauna ada Monyet, Tarsius, Ular Patola ukuran kecil, Ayam hutan, Kakak Tua, Burung Hantu dan Gagak serta masih banyak lagi.

  1. Air Terjun Molimpungan
Libur Panjang, Ini Referensi Tempat Wisata di Kotamobagu

Ini adalah trap ketiga air terjun Molimpungan, Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur. (ist)

Ke lokasi air terjun Molimpungan, tak cukup jauh jarak tempuh. Dari pemukiman penduduk di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, letaknya sekira tiga kilometer. Pengunjung tak perlu khawatir, karena perjalanan ke sana bisa menggunakan kendaraan roda empat, roda tiga (bentor) atau sepeda motor.

Sepanjang perjalanan, pemandangan alam nan indah tersuguh. Ada satu jembatan gantung yang harus dilewati. Khusus untuk mobil, harus melewati derasnya aliran sungai Moayat. Setelah melewati sungai ini, kendaraan harus diparkir dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 800 meter.

Sampai di lokasi air terjun pertama, aksesnya cukup mudah. Jarak trap yang pertama dan kedua sekira  sekitar 30 meter ke atas. Air terjun ke dua ini, tingginya sekira 30 meter. Di sini kita bisa menikmati jernih dan dinginnya air yang turun di antara bebatuan.

  1. Pemandian Air Panas Banyuanget.
Libur Panjang, Ini Referensi Tempat Wisata di Kotamobagu

air panas

Lokasinya berada di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur. Sumber air panas yang mengalir dari hulu di Gunung Ambang. Tempat pemandian in I sudah ada sejak tahun 2017.

Luas kolam air panas ini berukuran 6 X 10 meter. Kolam air panas yang bertempat di Kelurahan Matali Lingkungan 1, RT 1, Kecamatan Kotamobagu Timur, menjadi salah satu tempat wisata di Kotamobagu dan diminati warga Bolmong Raya bahkan luar daerah.

Di sini ada dua kolam renang yakni air panas dan dingin. Terlihat juga dua tempat selancar berwarna-warni. Di sisi kanan terdapat tempat memacing ikan air tawar dan kafe.

(zha)

To Top