Berita Daerah

Pelaku Usaha Mikro Bakal Terima Bantuan Pemerintah Pusat, Ini Syaratnya

Pelaku Usaha Mikro Bakal Terima Bantuan Pemerintah Pusat, Ini Syaratnya

KOTAMOBAGU – Guna menopang aktivitas usaha mikro dimasa pandemi seperti ini, pemerintah akan memberikan bantuan senilai Rp 1,2 juta rupiah kepada pelaku usaha mikro di Indonesia.

Hal ini sebagaimana dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop) Meiva Najoan, Selasa (06/04/2021).

“Jumlah bantuan yang akan diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada pelaku usaha mikro senilai Rp1,2 juta dan langsung ke rekening mereka masing-masing,” ujar Meiva.

Meiva mengatakan, bantuan ini merupakan lanjutan bantuan bagi pelaku usaha mikro guna penanganan ekonomi dimasa pandemi ini.

Baca Juga: Juli Mulai Pembelajaran Tatap Muka, Guru Wajib Divaksin

“Besaran dana yang akan diterima kali ini tidak seperti bantuan yang diberikan tahun kemarin. Kuota per Kabupaten dan Kota sudah tidak ada lagi, hanya kuota secara nasional sebanyak 12,8 juta pelaku usaha mikro,” lanjutnya.

Sementara untuk syarat penerima bantuan, Meiva menjelaskan yakni wajib memiliki usaha, fotocopy KTP elektronik, fotocopy kartu keluarga dan nomor induk berusaha (NIB) atau surat keterangan usaha dari Desa/Kelurahan.

“Berkasnya dimasukkan ke kita. Kita periksa sesuai juknis. Nanti kita teruskan ke Pemerintah Provinsi. Dari Provinsi dilanjutkan ke Kementerian Koperasi dan UKM,” jelas Meiva.

Meiva mengatakan bahwa nantinya verifikasi akan dilakukan langsung oleh pihak kementerian yang akan menentukan penerima.

“Kita hanya mengumpulkan dan menyampaikan dokumen para pelaku usaha mikro,” tandasnya.(bto)

To Top