Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Petani Bolmong Dapat Asuransi dan Sertifikasi Lahan


4 Apr 2017 11:15 WITA


 Taufik Mokoginta Perbesar

Taufik Mokoginta

Taufik Mokoginta
Taufik Mokoginta

BOLMONG- Kabar baik datang dari Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pasalnya, petani di bolmong saat ini mendapat asuransi dan sertifikasi lahan untum tahun 2017. Seperti penuturan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Taufik Mokoginta melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha Sumber Daya dan Pengawasan (BUSDP) Bachrudin Marto, Selasa (4/4). “Petani akan mendapat asuransi usaha tamaman pertanian. Tapi kami masi mengidentifikasi kembali semua petani ,”katanya.

Bachrudinpun menyampaikan, bagi petani yang belum di data itu akan mendapat sertifikat. Dan untuk pengurusan sertifikat tersebut tidak di pungut biaya, maka dari itu Pihaknya pekan depan akan turun di lapangan untuk mendata para petani.

“Petani yang mendapat sertifikasi ini hanya untuk petani penanam padi lahan basah (sawah), ini tidak di pungutan biaya. Asalkan dia sudah melewati pra sertifikasi terlebih dahulu,”Katanya.

Marto kembali menjelaskan, bagi seluruh petani yang telah mengikui seluruh prosedur asuransi dan sertifikasi akan mendapat bantuan ketika sawah mereka terkena bencana atau hama. “Mereka nantinya akan mendapat bantuan, asalkan dengan catatan telah mengikuti seluruh persyaratannya. Jika tidak ikut maka tidak akan mendapatkan bantuan,”Jelasnya.

Tak hanya itu, Dirinya menambahkan, mulai april ini akan diadakan sosialisasi pertanian di tingkat kabupaten. “Sosialisasi akan dilaksakan secepatnya, setelah itu langsung dilanjutkan di tingkatan Desa. Dan segera dilakukan penataan Calon Petani Calon Lahan (CPCL),”tutup Marto. (tr1)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Agenda Pemeriksaan Intern BPK RI, OPD di Boltim Diminta Kooperatif

28 Januari 2023 - 10:19 WITA

Warga Atoga Timur Antusias Ikuti Kegiatan Jumat Curhat Polres Boltim

27 Januari 2023 - 15:39 WITA

Banjir dan Longsor Manado, Gubernur Olly Dondokambey dan Walikota Andrei Angouw Langsung Turun ke Lokasi

27 Januari 2023 - 13:44 WITA

Walikota Kotamobagu Hadiri Entry Meeting dalam rangka pemeriksaan pendahuluan LKPD 2022

27 Januari 2023 - 10:08 WITA

Pemerintah Asahan Terima Kunker Anggota DPRD Provsu

27 Januari 2023 - 05:09 WITA

Bupati Tinjau Jembatan di Kecamatan Rawang Panca Arga

26 Januari 2023 - 23:02 WITA

Trending di Berita Asahan