Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Petani Bolmong Dapat Asuransi dan Sertifikasi Lahan


4 Apr 2017 11:15 WITA


 Taufik Mokoginta Perbesar

Taufik Mokoginta

Taufik Mokoginta
Taufik Mokoginta

BOLMONG- Kabar baik datang dari Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pasalnya, petani di bolmong saat ini mendapat asuransi dan sertifikasi lahan untum tahun 2017. Seperti penuturan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Taufik Mokoginta melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha Sumber Daya dan Pengawasan (BUSDP) Bachrudin Marto, Selasa (4/4). “Petani akan mendapat asuransi usaha tamaman pertanian. Tapi kami masi mengidentifikasi kembali semua petani ,”katanya.

Bachrudinpun menyampaikan, bagi petani yang belum di data itu akan mendapat sertifikat. Dan untuk pengurusan sertifikat tersebut tidak di pungut biaya, maka dari itu Pihaknya pekan depan akan turun di lapangan untuk mendata para petani.

“Petani yang mendapat sertifikasi ini hanya untuk petani penanam padi lahan basah (sawah), ini tidak di pungutan biaya. Asalkan dia sudah melewati pra sertifikasi terlebih dahulu,”Katanya.

Marto kembali menjelaskan, bagi seluruh petani yang telah mengikui seluruh prosedur asuransi dan sertifikasi akan mendapat bantuan ketika sawah mereka terkena bencana atau hama. “Mereka nantinya akan mendapat bantuan, asalkan dengan catatan telah mengikuti seluruh persyaratannya. Jika tidak ikut maka tidak akan mendapatkan bantuan,”Jelasnya.

Tak hanya itu, Dirinya menambahkan, mulai april ini akan diadakan sosialisasi pertanian di tingkat kabupaten. “Sosialisasi akan dilaksakan secepatnya, setelah itu langsung dilanjutkan di tingkatan Desa. Dan segera dilakukan penataan Calon Petani Calon Lahan (CPCL),”tutup Marto. (tr1)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

KPU Bolmong Gelar Rakor Tindak Lanjut Data TMS, Libatkan Disdukcapil dan PPK 15 Kecamatan

18 Juli 2024 - 21:27 WITA

Mantan Bupati, Birokrat, Akademisi hingga Wartawan Senior, Berikut Daftar Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu dan Tugasnya

17 Juli 2024 - 22:06 WITA

Dinas Kominfo Muba Ikut Sosialisasi SPBE

17 Juli 2024 - 21:49 WITA

Pemkot Kotamobagu Ikuti Evaluasi SAKIP Tahun 2024

17 Juli 2024 - 19:47 WITA

Inilah Lima Cemilan yang Bisa Turunkan Asam Urat, Harus Dicoba!

16 Juli 2024 - 10:24 WITA

Taman Hiasa Ramah Lingkungan Akan Dibangun DLH Muba, Cek Lokasi dan Desainnya

16 Juli 2024 - 10:00 WITA

Trending di Berita Daerah