Berita Bolmong

Sekda Bolmong Buka FGD Kajian Pengembangan UMKM dan Home Industri

Foto Berita Bolmong
Sekda Bolmong Tahlis Gallang membuka FGD di kantor Bappeda.

KRONIK TOTABUAN – Sekda Bolmong Tahli Gallang Forum Grup Diacussion (FGD) laporan akhir penyusunan kajian pengembangan UMKM dan Home Industri sektor perkebunan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis (9/9/2021).

FGD digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di ruang rapat kantor tersebut.

FGD diikuti instansi terkait, pelaku UMKM dan Home Industri daerah.

Selain itu, secara virtual Bappeda Bolmong menghadirkan tenaga ahli dari Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado yakni, Prof. Dr. Ir. Jeanne Paulus M.Si, Dr. Ir. Theodora M. Katiandagho M.Si, Dr. Ir. Gene. H. M. Kapantow, M.Ikom, M.Sc, dan DR. Ir. Grace A.J. Rumagit, M.Si

Sekda Tahlis dalam penyampaiannya mengatakan, UMKM dan Home Industri sektor perkebunan mencakup berbagai macam bentuk usaha yang memanfaatkan SDA dan bertujuan untuk pemenuhan usaha lainnya.

Baca Juga: Yasti Lepas Ekspor Perdana Komoditi Pala Bolmong ke India


“Perkebunan merupkan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar di PDRB Bolmong dan merupakan pengguna lahan terbesar serta mata pencaharian sebagian besar penduduk bolmong,” kata Tahlis.

Tahlis menyebut, komoditi kelapa merupakan salah satu unggulan produk perkebunan di Bolmong, namun pengelolaan agrobisnis kelapa yang dilakukan hingga saat ini, baru sampai pada tahapan pengelolahan dari buah kelapa dalam bentuk kopra dan dilakukan dengan telnologi yang masih tradisional.

“Kondisi ekonomi petani kelapa belum mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Upaya pemberdayaan UMKM dilakukan melalui pengembangan produk turunan kelapa. Optimalisasi pengelolaan SDA harus diselenggarakan, dikelola, dilindungi dan dimanfaatkan secara terencana, terbuka, profesional dan bertanggungjawab, sehingga mampu meningkatkan perekonomian rakyat,” jelasnya.

Lanjutnya, pelaksanaan FGD tersebut merupakan tahapan akhir dari kakian tersebut sekaligus penting dalam rangka membangun sinergitas persepsi serta komitmen bersama untuk membangun kinerja yang inovatif, berdaya saing guna menciptakan kesejahteraan rakyat.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini sangat diharapkan peran serta perangkat daerah untuk mengikuti acara ini dengan baik serta berusaha untuk memenuhi beberapa data terkait penyusunan dokumen kajian pengembangan UMKM dan Home industri di Kabupten Bolmong,” tandasnya.(len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top