Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Upacara Harlah Pancasila di Bolmong Berlangsung Khidmat, Jusnan Mokoginta Bertindak Sebagai Irup


1 Jun 2024 15:19 WITA


 Upacara Harlah Pancasila di Bolmong Berlangsung Khidmat, Jusnan Mokoginta Bertindak Sebagai Irup Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Sabtu (1/6/2024).

 

Penjabat Bupati Bolmong, dr. Jusnan C Mokoginta bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Harlah Pancasila tersebut.

Kegiatan yang digelar digelar di lapangan upacara Kantor Bupati Bolmong itu, turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta, Ketua DPRD Welty Komaling, Unsur Forkopimda, para Pimpinan OPD, Camat dan Sangadi, serta seluruh ASN lingkup Pemkab Bolmong.

Jusnan Mokoginta dalam membacakan amanat
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Jusnan.

Dalam amanat itu, Jusnan menjelaskan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dirinya juga mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Di momentum itu pun, Bupati Jusnan juga mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

”Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud mengamalkan nilai Pancasila,” kata Jusnan

Dirinya berharap, di momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini, dapat memompa semangat seluruh komponen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Perlu diketahui, usai pelaksanaan upacara, Pj Bupati, didampingi Sekda, Ketua DPRD dan para Kepala OPD, turut menyerahkan sejumlah piagam penghargaan dan hadiah uang tunai kepada setiap Desa pemenang lomba monuntul tingkat Kabupaten Bolmong.(Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Sholat Ied Adha di Desa Momalia, Bupati Bolsel Ajak Masyarakat Bersyukur dan Pererat Kebersamaan

17 Juni 2024 - 19:22 WITA

Perayaan Idul Adha di Bolsel, Wabup Ajak Masyarakat Teladani Keihklasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS

17 Juni 2024 - 19:21 WITA

Usai Sholat Idul Adha, Pj. Walikota Kotamobagu Tinjau Pemyembelihan Kurban di Motoboi Kecil

17 Juni 2024 - 16:35 WITA

Pj. Walikota Kotamobagu Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Makmur

17 Juni 2024 - 16:27 WITA

Polres Muba Sembelih 36 Ekor Hewan Kurban

17 Juni 2024 - 15:17 WITA

Lepas Pawai Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 H, Ini Pesan Pj. Walikota Kotamobagu

16 Juni 2024 - 23:47 WITA

Trending di Berita Daerah