Wakili Sulut KPMIBM Jogja Tampilkan Tarian Mongondow di Event Nasional Selendang Sutra 2022

KRONIK TOTABUAN – Mahasiswa asal Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang tergabung dalam paguyuban Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow (KPMIBM) Cabang Yogyakarta sukses menampilkan tarian khas Bolaang Mongondow dalam event nasional Gelar Budaya Etnis Selendang Sutera 2022.

Event yang digelar Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogtakarta (DIY) yang berlangsung 1-4 Agustus 2022 ini, digelar di Jogja City Mall (JCM).

Dalam event yang diikuti oleh oleh pelajar mahasiswa dari 34 provinsi ini, pelajar KPMIBM cabang Yogyakarta yang meakili Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menampilkan pertunjukan tarian Mosauk.

Baca Juga: 9 Peserta Selter JPT Pratama Boltim Ikuti Tahap Penulisan Makalah dan Wawancara

Salah satu kader KPMIBM yang juga turut berpatisipasi dalam pertunjukan tersebut, Rifai Ramli mengungkapkan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Pemda DIY yang sudah memberikan kesempatan kepada pelajar asal Sulut khususnya dari Bolaang Mongondow Raya (BMR) untuk tampil dalam event skala nasional ini.

“Tentunya saya mewakili teman-teman KPMIBM sangat mengapresiasi dan sangat bangga bisa dapat kesempatan tampil di event ini, apalagi bisa menampilkan pertunjukan budaya khas Bolaang Mongondow,” ucap Rifai.

Sementara itu, Lisa Paputungan yang juga tampil dalam pertunjukan tersebut menambahkan bahwa tampil dalam event seperti ini merupakan suatu kebanggaan bagi pelajar dan mahasiswa asal BMR yang berada di luar daerah khususnya di Yogyakarta.

“Sebab dengan banyak berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini juga sangat menguntungkan dari segi edukasi, promosi potensi dan tradisi budaya yang ada didaerah kita yakni di Bolaang Mongondow Raya,” ucap mahasiswi asal Tutuyan, Boltim ini.

Diketahui kegiatan ini merupakan keggiatan tahunan Pemda DIY dalam upaya untuk penguatan nilai keberagaman budaya dan kearifan lokal serta meningkatkan apresiasi mahasiswa dan pelajar yang ada di DIY.  (bto)

 

Berita Terpopuler