Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

YSM- YRT Siap Kerjasama dengan Thailand


13 Nov 2016 08:57 WITA


 Yasti - Yanny. Perbesar

Yasti - Yanny.

Yasti - Yanny.
Yasti – Yanny.

LOLAK– Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk (YSM- YRT) berkomitmen memajukan sektor pertanian jika terpilih nanti. Menurut Yasti, untuk membuat sektor pertanian Bolmong menjadi hebat, akan lada tiga langkah awal yang akan dilakukan.

Pertama dengan intensifikasi, ke dua ekstensifikasi dan ke tiga dengan cara mekanisasi. “Kita lakukan peningkatan hasil pertanian, perluasan lahan dan menggunakan alat- alat pertanian yang modern dalam mengembangkan sektor pertanian,” kata Yasti, Minggu (13/11).

Terkait dengan penggunaan alat dengan teknologi moderern bagi petani di Bolmong, Yasti menegaskan, dirinya bersama Yanny Ronny Tuuk, selain akan melobi ke Kementerian Pertanian RI, juga akan menjalin kerjasama dengan Thailand.

“Thailand saat ini merupakan negara pengekspor terbesar produk pertanian dunia. Ekonomi Thailand  bergantung pada ekspor dengan  nilai ekspor sekitar 60% PDB, dan dari sekitar 60% dari seluruh angkatan kerja Thailand dipekerjakan di bidang pertanian. Jika saya dan Pak Yanny diberikan kepercayaan oleh masyarakat Bolmong, kami siap datangkan alat teknologi pertanian dari Thailand,” kata Yasti.

Selain Thailand menjadi eksportir besar di pasar dunia, komoditi pertanian yang dihasilkan adalah beras dengan kualitas super. “Thailand saat ini sudah unggul dalam produk pertanian dengan status eksportir atau produsen terbesar dunia untuk beras dan hasil pertanian lainya. Pemerintah Thailand dalam  meningkatkan pendapatan bagi petani di sana, relatif tinggi, dan tentunya didukung model atau sistem pertanian yang baik. Sehingga nantinya kualitas pangan juga akan semakin baik. Itu sebabnya, saya dan Pak Yanny sangat serius menjadikan pertanian hebat di Bolmong,” jelas Yasti.

Senada dikatakan Yanny Ronny Tuuk. “Kita akan berikan satu desa satu alat pertanian berupa traktor. Selain itu, akan ada dana talangan yang disiapkan untuk menjamin tingkat pendapatan petani agar nilai pembelian hasil pertanian yang berlaku di pasaran tetap bisa dinikmati oleh semua petani,” jelas Yanny.

Yanny menambahkan, Yasti memiliki pengalaman menjadi Ketua Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur. Hal ini tentunya menjadi modal utama dalam melobi anggaran pusat turun ke Bolmong jika mereka terpilih pada 15 Februari 2017 mendatang.

“Tidak bisa dipungkiri, semua jalan nasional di Bolmong Raya, tidak lepas dari peran dan perjuangan Ibu Yasti bersama Pak Olly Dondokambey. Dari 560 anggota DPR RI yang terdiri dari 11 komisi, satu- satunya ketua komisi di DPR RI yang merupakan perempuan asli orang Mongodow adalah Ibu Yasti. Sehingga, untuk melobi dana pusat datang ke Bolmong, adalah pekerjaan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat. Kami akan menjadikan Bolmong Hebat,” tandas Yanny. (alk)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Ketua KNPI Bolmong Serahkan Langsung Bantuan untuk Korban Banjir Manado

3 Februari 2023 - 15:32 WITA

Peduli Warga Terdampak Banjir di Manado, Yasti Serahkan Bantuan Secara Langsung

31 Januari 2023 - 21:03 WITA

Mendagri Puji Kinerja Bupati Bolmong, Limi: Ini Berkat Kerja Keras Kita Semua

31 Januari 2023 - 19:52 WITA

Persin Juara Karang Taruna Cup Poyowa Besar 1, Mekal Beri Hadiah Tambahan untuk 4 Tim

29 Januari 2023 - 19:32 WITA

Ketua DPRD Kotamobagu Pastikan Bonus Atlet Kotamobagu Sudah Dianggarkan, Segera Diserahkan Pemkot dan KONI

26 Januari 2023 - 12:05 WITA

PDI Perjuangan Kotamobagu Siapkan Figur Muda di Pileg 2024

26 Januari 2023 - 11:33 WITA

Trending di Berita Daerah