Berita Bolmong

200 Sekdes Serap Ilmu Manajemen Pemerintahan Desa

Kroniktotabuan.com
Kamasaan

Christofel Kamasaan

BOLMONG- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow, bertempat di Ball Room Paloko Hotel Sutan Raja Kotamobagu, melaksanakan kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) Aparatur Pemerintahan Desa dalam Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2017.

Bupati Bolaang Mongondow melalui Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda, Christofel Titov Kamasaan, membuka langsung kegiatan itu. “Desa adalah ujung tombak pemerintahan yang merupakan satu kesatuan masyarakat hukum, yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat. Desa memiliki posisi penting dan strategis, sebagai basis penyelenggaraan pelayanan publik,” kata Kamasaan saat membacakan sambutan Pj Bupati, Adrianus Nixon Watung.

Untuk dapat menjalankan peran tersebut secara efektif dan efisien, lanjut Kamasaan, diperlukan adanya pengembangan dan peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa, sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya.

“Perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa, perlu diimbangi pula dengan pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa, karena tuntutan pelayanan dari masyarakat kepada pemerintah saat ini, semakin hari semakin beragam dan kompleks,” jelasnya.

Dalam mengantisipasi dan mengakomodir aspirasi masyarakat, aparatur pemerintah desa dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kompetensi, pengetahuan serta wawasan, sehingga dapat menguasai tugas-tugas aparatur pemerintah desa dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, melalui pelaksanaan bimbingan teknis kali ini, saya berharap kiranya seluruh peserta dapat memahami dengan baik manajemen pemerintahan desa dalam aspek perencanaan, pengawasan, kelembagaan dan keuangan desa, serta laporan penyelenggaraan pemerintahan desa, untuk nantinya diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” jelasnya.

Dengan demikian, fungsi pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Albert Tangkere dalam mengatakan, tujuan pelaksanaan bimtek ini untuk meningkatkan pelayanan prima terhadapa masyarakat, meningkatkan pemahaman tentang administrasi dan pengelolaan keuangan Desa. “Waktu pelaksanaan selama empat hari diikuti 200 orang Sekretaris Desa (Sekdes) se Bolmong yang dibagi dalam 3 gelombang,” tandasnya. (ahr)

To Top