.

Berita Bolmong

Dampingi Gubernur, Yasti Ikut Latihan Menembak Senjata Berat

Dampingi Gubernur, Yasti Ikut Latihan Menembak Senjata Berat
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 19/105 Tarik Bogani menggelar Latihan Tembak Senjata Berat Tekhnis (Latbakjatratnis) jenis Meriam 105.M101.A1, Selasa (24/9/2019) di Desa Solog, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong.

Latihan tembak tersebut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Ariotang, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, Dandim 1303 Sigid Dwi Cahyono, Kapolres Kotamobagu Gani Siahaan, Walikota Kotamobagu Tatong Bara, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Wakil Ketua DPRD Sulut Victor Mailangkay, Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, serta jajaran Forkopimda.

Dampingi Gubernur, Yasti Ikut Latihan Menembak Senjata Berat

Setelah latihan menembak, Gubernur, Bupati, Pamgdam, Kapolda dan seluruh pejabat yang hadir pada peninjauan Latbakjatratnis Yonarmed 19/105 Tarik diberikan penghargaan berupa penyematan brevet dan sertifikat piagam yang berarti para pejabat tersebut pernah melaksanakan menembak meriam dan sah untuk menggunakan brevet gunner dari Pussenarmed Kodiklatad.

Bupati Yasti usai pelaksanaan latihan mengungkapkan, latihan tembak tersebut merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat terkait kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk membedakan tupoksi dari Dandim dan Armed. Karena selama ini masyarakat belum tau betul tupoksi masing-masing Angkatan Darat TNI AD tersebut.

“Ini juga merupakan pembelajaran kepada masyarakat. Apalagi kegiatan ini dihadiri Gubernur bersama seluruh forkopimda. alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” kata Bupati.

Dampingi Gubernur, Yasti Ikut Latihan Menembak Senjata Berat

Sementara itu, Danyon Armed Letkol Iron Prasetyo menuturkan, Latbakjatratnis bakal digelar selama 3 hari , terhitung dari tanggal 24 sampai dengan 26 September 2019 mendatang. Namun, sebelum melaksanakan latihan pihaknya sudah melaksanakan tahapan-tahapan. Dimulai dari tahap perencanaan yang telah dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 17, kemudian tahap persiapan, tahap pelaksanaan tanggal 24 sampai dengan 26 serta tahap akhir di tanggal 27 sampai dengan 28 September.

“Latbakjatratnis ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit dari tingkat perorangan sampai tingkat satuan dalam mengawaki Alutsista Meriam 105 l.M101.A1,” ungkap Prasetyo saat diwanwancarai awak media.

Dampingi Gubernur, Yasti Ikut Latihan Menembak Senjata Berat

Tak hanya itu kata Iron, latihan ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme dan mengasah kemampuan dalam bertempur di setiap prajurit guna menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menetapkan pencatatan-pencatatan bagi meriam-meriam guna menentukan kualitasnya.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan ketangkasan prajurit di bidang kecabangan Armed, sehingga terpelihara kemampuannya serta profesionalisme setiap prajurit dalam mendukung tugas pokok TNI AD,” terangnya. (len)

To Top