Menu

Mode Gelap

Advertorial

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penetapan Persetujuan Ranperda LPJ APBD Bolmong Tahun 2022


16 Agu 2023 17:20 WITA


 DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penetapan Persetujuan Ranperda LPJ APBD Bolmong Tahun 2022 Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), menggelar paripurna pembicaraan tingkat II penetapan persetujuan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bolmong, tahun anggaran 2022, Rabu, 16 Agustus 2023.

Paripurna yang digelar ruang Paripurna DPRD Bolmong tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, didampingi Wakil Ketua Sukron Mamonto, dan Wakil Ketua Sulhan Manggabarani.

Turut hadir pula, Penjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, para Asisten, serta jajaran pemkab Bolmong.

Saat memimpin paripurna, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling mengatakan, berdasarkan daftar hadir, dari total 30 anggota dewan secara keseluruhan ada sebanyak 23 anggota DPRD yang menghadiri, dengan begitu maka forum paripurna dinyatakan kuorum.

Kata Welty Komaling, LPj merupakan ketentuan konstitusional sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“LPj juga secara substansial juga merupakan evaluasi atas pelaksanaan pengelolaan keuangan pemerintah daerah,
ucap Welty.

Secara normatif kata Welty, laporan pertanggungjawaban memiliki arti penting bagi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda).

“Hal ini dimaksudkan untuk peningkatan efisien, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyelenggara Pemda melalui fungsi pengawasan DPRD,” ucapnya.

Lanjut Welty, sebelumnya kepala daerah telah menyampaikan Ranperda tentang laporan pertanggungjawaban APBD TA 2022. Maka, sehubungan dengan itu, DPRD telah menindaklanjuti Ranperda yang dimaksud, dengan mengadakan rapat-rapat dengan mitra kerja eksekutif, untuk membahas ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan pembacaan pandangan 6 fraksi oleh anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolmong, Mahrin Lolung. Dalam kesempatan itu, enam fraksi yakni menyetujui Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2023.

Namun meski demikian, terdapat koreksi yang disampaikan fraksi-fraksi terkait program kerja beberapa OPD yang dinilai belum maksimal.

Sementara, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para pimpinan dan Anggota DPRD Bolmong, yang telah selesai membahas, memberikan tanggapan dan pandangan.

Kata Limi, beberapa catatan penting yang digaris bawahi oleh Fraksi DPRD dalam pandangan umumnya, ke pihak Eksekutif, itu akan dijadikan perhatian untuk ditindaklanjuti demi peningkatan dan penyempurnaan manajemen keuangan daerah yang semakin berkualitas di tahun selanjutnya, termasuk semua saran dan masukan yang disampaikan dalam rapat paripurna.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkab Bolmong yang tergabung dalam tim anggaran pemerintah daerah, serta kepada para kepala perangkat daerah bahkan semua pihak yang telah bekerja dengan keras tulus dan ikhlas, sehingga Ranperda ini dapat ditetapkan menjadi Perda,” jelas Limi.

Perlu diketahui, usai pelaksanaan paripurna pembicaraan tingkat II penetapan persetujuan atas Ranperda APBD TA 2022, agenda dilanjutkan dengan pembicaraan tingkat II penetapan atas Ranperda usulan eksekutifyaitu, tatacara penyelenggaraan cadangan pangan, pengelolaan keuangan daerah dan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. (Adv)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 94 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

DPRD Bolmong Gelar Paripurna Tingkat I Penyampaian Ranperda Insiatif dan Usulan Eksekutif

11 Juni 2024 - 21:35 WITA

Buka Seleksi JPT Pratama, Wabup Bolsel: Tunjukkan Kemampuan Terbaik

11 Juni 2024 - 13:18 WITA

DPRD Bolsel Gelar Rapat Paripurna Ranperda dan Ranperbup Pertanggungjawaban APBD 2023

5 Juni 2024 - 21:46 WITA

Bupati Bolsel Hadiri Perayaan HUT ke-8 Kecamatan Tomini

4 Juni 2024 - 23:10 WITA

Pemkot Kotamobagu Gelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kotamobagu ke-17

27 Mei 2024 - 15:08 WITA

dr. Jusnan C Mokoginta Resmi Menjabat Bupati Bolmong

22 Mei 2024 - 15:04 WITA

Trending di Advertorial