Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

FKUB Bolmong Resmi Dilantik, Limi: Ini Tonggak Awal Dalam Merawat Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama


25 Mar 2024 22:57 WITA


 FKUB Bolmong Resmi Dilantik, Limi: Ini Tonggak Awal Dalam Merawat Kerukunan dan Toleransi Antar Umat Beragama Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Penjabat Bupati Limi Mokodompit, resmi melantik dan mengukuhkan jajaran pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) periode Tahun 2024-2029, Senin (25/3/2024).

Pelantikan pengurus FKUB Bolmong yang diinisiasi oleh Badan Kesbangpol ini turut dihadiri dan disaksikan oleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Abdullah Mokoginta, para Asisten, Kepala OPD serta staf ahli Bupati Bolmong.

Bupati Limi usai mengukuhkan pengurus FKUB Bolmong ini mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolmong, dirinya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Selain itu atas nama pribadi, saya ucapkan selamat bertugas kepada seluruh jajaran pengurus FKUB Bolmong periode 2024-2029 yang baru saja dilantik, semoga amanah yang diberikan ini bisa diemban dan dijaga dengan baik,” kata Limi.

Pembentukan FKUB ini kata Limi, merupakan salah satu amanat dari peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri (Mendagri) nomor 9 tahun 2006 dan nomor 8 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadah.

“Jadi FKUB bukan dibentuk oleh pemerintah melainkan dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah, sebab umat beragama bukanlah objek tetapi telah menjadi subjek atau pelaku utama dalam upaya pemeliharaan kerukunan nasional, sehingga FKUB yang merupakan mitra kerja pemerintah Bolmong dituntut untuk melakukan berbagai pembinaan terhadap umat beragama yang sifatnya konsultatif,” jelas Limi

Limi juga berharap pelantikan dan pengukuhan ini menjadikan tonggak awal bagi pengurus yang baru dalam merawat kerukunan dan toleransi dan menjalin silaturahmi antar sesama pemeluk agama di Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Semoga di kepengurusan yang baru ini bisa mampu meningkatkan lagi pelayanan dan peran kita untuk masyarakat kabupaten Bolmong lebih untuk bersinergis dalam kebersamaan menjaga dan merajut kerukunan dalam satu bingkai cinta kasih,”

“Ini merupakan harapan kita bersama, karena kalo kita bisa hidup dengan rukun, damai dan penuh cinta kasih, maka bisa dipastikan pembangunan di daerah kita ini akan berjalan dengan baik,” kata Bupati Limi menjelaskan. (Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Periode di DPRD Saatnya Meiddy Makalalag Maju Calon Walikota Kotamobagu

7 April 2024 - 10:51 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Kegiatan Monuntul

7 April 2024 - 09:30 WITA

BRI Kanca Kotamobagu Salurkan Bingkisan Kepada Pekerja Dasar dan Purnatugas BRI

3 April 2024 - 22:34 WITA

Pj Walikota Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kotamobagu Tahun 2025 dan RPJPD 2025-2045

3 April 2024 - 19:08 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Pasar Senggol di Kelurahan Gogagoman

3 April 2024 - 19:00 WITA

Ini Besaran Target PAD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024

2 April 2024 - 21:22 WITA

Trending di Berita Daerah