Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Hadiri Paripurna Istimewa HUT Bolmong ke-70, Bupati Limi Sampaikan Sejumlah Poin Penting


25 Mar 2024 22:48 WITA


 Hadiri Paripurna Istimewa HUT Bolmong ke-70, Bupati Limi Sampaikan Sejumlah Poin Penting Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Usai bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara HUT Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ke-70 Tahun 2024, Penjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit mengikuti rapat paripurna istimewa DPRD Bolmong, Senin (25/3/2024).

Rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bolmong ke-70 ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling dan didampingi Wakil Ketua Sukron Mamonto dan Sulhan Manggabarani.

Paripurna istimewa kali ini juga mengangkat tema “Teruslah berkarya dan bekerja bersama untuk Bolaang Mongondow yang berbudaya, berdaya saing, maju dan mandiri”.

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang diwakili oleh Asisten II Pemprov Sulut Asripan Nani, unsur Forkopimda Bolmong, Sekda Bolmong Abdullah Mokoginta, pimpinan BUMD dan BUMN, para asisten dan pimpinan Organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Bolmong.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya kepada masyarakat Bolmong, dalam berjuang bersama membangun Kabupaten Bolmong dalam suatu gerakan bersatu etnis, budaya, dan bahasa untuk kebersamaan demi terwujudnya bolmong yang lebih baik.

“Saya dan atas nama anggota DPRD Bolmong ucapkan terima kasih kepada rakyat Bolmong dan seluruh elemen masyarakat yang turut membantu berjuang bersama mewujudkan Bolmong yang lebih baik kedepannya,” kata Welty, saat memimpin jalannya sidang paripurna istimewa.

Sementara Bupati Limi dalam sambutannya manyampaikan ucapan selamat HUT Kabupaten Bolmong yang ke-70 tahun pada tanggal 23 Maret tahun 2024, kepada seluruh komponen masyarakat di wilayah kabupaten Bolmong.

“Semoga dengan bertambahnya usia Bolmong akan semakin meningkatkan dan komitmen bersama dalam membangun Bolmong akan lebih maju dan sejahtera,” kata Bupati Limi

Limi mengatakan, rentang sejarah 70 tahun pemerintah kabupaten bolmong, para tokoh pemimpin dan pejuang telah bekerja keras, bertekad membangun daerah ini demi mencapai kesejahteraan masyarakat Bolmong.

“Oleh karenanya kita patut berbangga dan bersyukur atas jasa dan perjuangan para pemimpin terdahulu dalam berupaya betul demi pembangunan dan kemajuan daerah kabupaten Bolmong ini, termasuk kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow,” kata Limi

Limi dalam kesempatannya menyampaikan beberapa poin capaian kinerja selama kurang lebih kurun waktu hampir 2 tahun dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Bolmong.

Di depan tamu dan undangan sidang paripurna, Limi menjelaskan apabila dicermati kondisi perekonomian Kabupaten Bolmong saat tahun 2021 di masa pandemi berada di kisaran 3,8 persen lalu naik menjadi 5,18 persen di tahun 2023.

Sektor pertanian tahun 2022 lalu, Kabupaten Bolmong telah memproduksi sebanyak 189.520 ton gabah kering panen.

“Tapi sukur Alhamdulillah Kabupaten Bolmong masih tetap menyandang predikat lumbung beras sekaligus daerah penyuplai terbesar komoditi beras di Provinsi Sulawesi Utara,” terang Limi.

Sedangkan di sektor kelautan dan perikanan, produksi perikanan tangkap pada tahun 2023 lalu ditargetkan 12.157 ton dengan realisasinya 11.804 ton.

Kata Limi, Kebijakan pembangunan Bolmong salah satunya diarahkan untuk pencapaian tujuan pembangunan dalam bidang pendidikan, karena pendidikan sebagai modal penting dalam pembangunan dan jadi skala prioritas yang diutamakan oleh pemerintah kabupaten Bolmong.

Hal itu kata Limi bisa dilihat dari pencapaian IPM yang terus mengalami peningkatan setiap tahun, dimana 2022, IPM Bolmong ada pada angka 62,82 dan mengalami kenaikan pada tahun 2023 sekitar 0,66 persen dan ada pada angka 70, 48 yang menandakan bahwa IPM bolmong saat ini sudah masuk dalam kategori tinggi.

Komponen IPM kata Limi, ini salah satunya adalah angka partisipasi pendidikan SD, SMP yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Dan hal ini menandakan bahwa upaya pemerintah Bolmong untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan menunjukan hasil yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya,” terangnya

Begitu juga lanjutnya, komponen angka harapan hidup pada tahun 2023, melampaui dari target yang ditetapkan. Demikian juga untuk kasus stunting, pada tahun 2022 sebanyak 104 kasus, dan kasus ini berhasil pemerintah kabupaten Bolmong tekan sehingga berkurang menjadi 70 kasus di tahun 2023.

“Hal ini menunjukan keseriusan dan perhatian penuh pemerintah dalam menangani kasus stunting di daerah Bolmong,” jelas Limi.

Selain itu jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bolmong juga mengalami penurunan dari 7,58 pada tahun 2021, turun menjadi 7,37 persen di tahun 2023 lalu, dimana hal ini kata Limi menandakan bahwa semakin meningkatnya tingkat partisipasi angkatan kerja.

Di akhir sambutannya Limi mengucapkan terima kasih kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD serta kepada komponen masyarakat Bolmong yang tidak pernah berhenti mengabdi dan berkarya demi pembangunan dan kemajuan di wilayah Kabupaten Bolmong.

Di momentum itu pula Limi berharap kiranya semua dedikasi yang diberikan kepada kabupaten Bolmong ini menjadi sumber inspirasi untuk memuluskan dan mewujudkan cita-cita leluhur terdahulu.

Perlu diketahui, pada agenda paripurna selanjutnya, Bupati Limi, Ketua dan Anggota DPRD serta ASN dan unsur Forkopimda pun turut mendengarkan amanat dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang dibacakan oleh Asisten II Pemprov Sulut Asripan Nani.

“Dirgahayu Kabupaten Bolaang Mongondow ke 70. Semakin maju dan bersinergi dalam pembangunan di Sulawesi Utara,” kutipan dalam sambutan Gubernur yang disampaikan oleh Asripan Nani. (Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tiga Periode di DPRD Saatnya Meiddy Makalalag Maju Calon Walikota Kotamobagu

7 April 2024 - 10:51 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Kegiatan Monuntul

7 April 2024 - 09:30 WITA

BRI Kanca Kotamobagu Salurkan Bingkisan Kepada Pekerja Dasar dan Purnatugas BRI

3 April 2024 - 22:34 WITA

Pj Walikota Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kotamobagu Tahun 2025 dan RPJPD 2025-2045

3 April 2024 - 19:08 WITA

Bersama Forkopimda, Pj Walikota Kotamobagu Tinjau Pasar Senggol di Kelurahan Gogagoman

3 April 2024 - 19:00 WITA

Ini Besaran Target PAD Pemkot Kotamobagu Tahun 2024

2 April 2024 - 21:22 WITA

Trending di Berita Daerah