.

Berita Teknologi

Fobia Terbang? Berikut Tips Mengatasinya

Fobia Terbang? Berikut Tips Mengatasinya

Tekno – Pesawat Terbang bisa dikatakan termasuk dalam moda transportasi paling aman. Namun untuk orang dengan fobia terbang berbagai bayangan tentang kejadian buruk di dalam pesawat tentu saja sangat menakutkan.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa sekitar 2,5 persen hingga 40 persen orang mempunyai ketakutan untuk melakukan aktivitas penerbangan. Berbagai tingkatan kondisi pengidap fobia terbang bisa saja dialami penderita, mulai dari gelisah hingga takut berlebih.

Kondisi lain juga yang mempengaruhi kondisi buruk fobia terbang adalah takut berada di ruang sempit  juga atau takut ketinggian.

Lalu bagaimana mengatasi fobia terbang?. Beberapa orang melakukan terapi untuk menghilangkan pikiran negative saat terbang, tetapi beberapa hal ini bisa dilakukan sendiri dirumah. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi fobia terbang :

1. Mengedukasi diri, mempelajari bagaimana pesawat bekerja, apa yang membuat tubulensi terjadi, hingga standar keamanan pesawat akan membuat penerbangan menjadi tidak menakutkan.

2. Mengidentifikasi Pikiran Negatif, berbagai pikiran yang tidak rasional kadang mempengaruhi kondisi psikologi, mengganti pikiran negative tersebut dengan hal-hal yang lebihh realistis akan membantu menenangkan pikiran.

3. Kenali Penyebab, Fobia terbang kadang berasal dari berbagai penyebab, misalnya takut keetinggian. Memilih tempat duduk yang jauh dari jendela akan mencegah kita melihat kebawah.

4. Pelajari Teknik Relaksasi, Olah pernapasan,meditasi, hingga steching akan membantu meredakan phobia terbang, beberapa orang juga sangat terbantu dengan berdoa sebelum dan selama perjalanan.

(tim)

To Top