Dpc Pdip Kotamobagu
Berita Bolsel

KPU Bolsel Gelar Bimtek KPPS Secara Serentak

Kroniktotabuan.com

BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (16/11/2020), menggelar kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 7 Kecamatan secara serentak.

Anggota KPU yang juga Kepala Divisi (Kadiv) Teknis, Fijai Bumulo mengatakan, pelaksanaan Bimtek Kpps se Bolsel, dilaksanakan secara serentak di 4 titik.

“Serentak dilaksanakan dan jam yang sama kegiatan dimulai,” kata Fijai.

Dilanjutkannya, untuk teknis pelaksanaan, semua komisioner memimpin proses bimbingan teknis.

“Karena kami hanya 4 komisioner maka kami membagi tugas sesuai dengan koordinator wilayah masing-masing. Pak Hirsan Mohamad di wilayah kecamatan Posigadan, Pak Topan Boliliu di wilayah kecamatan Tomini dan Kecamatan Helumo, Pak Eskolano Kakunsi di wilayah Kecamatan Pinolosian Timur dan Kecamatan Bolaang Uki. Dan saya melaksanakan di kecamatan Pinolosian Induk dan Kecamatan Pinolosian Tengah,” urainya ditemui Kamis (19/11/2020).

Dia menjelaskan, pada pelaksanaan Bimtek ini dihadirkan peserta dengan jumlah paling banyak 25 orang petugas KPPS dalam setiap gelombang. Dimana, dalam setiap hari dilaksanakan bimtek dua gelombang, yaitu gelombang pertama mulai pukul 08.00 – 12.00 Wita dan gelombang kedua pukul 13.00 – 17.00 Wita.

Fijai menambahkan, kagiatan ini dilaksanakan di seluruh TPS yang berjumlah sekira 150 dan akan selesai sampai Jumat 20 November 2020.

“Untuk materi kami sudah mendapatkan petunjuk dari KPU Provinsi terkait dengan bimtek tersebut,” jelasnya.

Menurut dia, ada beberapa hal penting yang berbeda dengan proses pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

“Kurang lebih ada 15 item penting, diantaranya ada pemilih khusus yang memiliki suhu tubuh diatas 37,2
dan disediakan bilik khusus bagi pemilih tersebut. Semua petugas KPPS disediakan alat pelindung diri,” tandasnya. (adi)

To Top