Berita Ekonomi

Nasi Kuning dan Ayam Goreng Kremes Tembus Pasar Spanyol

Kroniktotabuan.com

PicsArt_05-02-09.40.59

MADRID–  Berbagai produk kuliner Indonesia dapat menembus pasar internasional khususnya Spanyol. Potensi ini diharapkan terjadi setelah Indonesia ikut pameran International Salon De Gourmet ke 31 di IFEMA Madrid belum lama ini.

Partisipasi Indonesia dalam pameran yang diwakili Atase Perdagangan KBRI Madrid, ITPC Barcelona dan perusahaan asal Indonesia yakni PT. Tiga Pilar Sejahtera Foods, Javaro Coffee dan Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) menempati area 30 m2 pada Hall 8 Paviliun G37.

Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso, Selasa (2/5), mengatakan pameran Gourmet yang diikuti Indonesia untuk pertama kali merupakan platform yang efisien bagi perusahaan Indonesia memasuki gerbang baru bagi produk kuliner.

Indonesia sedang memperluas jalinan perdagangan dengan perusahaan Spanyol dan 30 negara peserta pameran.  Salon Gourmet ke-31 menghadirkan 1.500 peserta, 37.500 produk dan 1.200 produk baru dan menghadirkan 85.000 pengunjung dari berbagai dunia dan diperkirakan ekspetasi transaksi senilai 200 juta Euro.

Dubes mengatakan, keikutsertaan Indonesia adalah untuk menerobos pasar di bidang makanan dan minuman serta kuliner di wilayah Spanyol dan Eropa lainnya serta Medeterania, Amerika latin dan Afrika.

Ketua Umum APJI, Ibu Ayu Muliadi, mengapresiasi dan mendukung keikutsertaan Indonesia dalam upaya mendorong produk makanan dan minuman Indonesia masuk ke pasar Eropa.

Pameran diikuti perusahaan produk makanan dan minuman dari berbagai negara diresmikan Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol, Sra. Isabel Garcia Tejerina yang melakukan kunjungan ke stand pada 4 paviliun

Perusahaan Indonesia menampilkan produk makanan kemasan dan kopi serta produk kuliner diharapkan dapat menembus pasar internasional khususnya Spanyol. Adapun nilai transaksi pada pameran ini mencapai US$ 201 ribu.

Penampilan stand Indonesia memberikan daya tarik dengan penyajian berbagai menu kuliner Indonesia seperti nasi kuning, ayam goreng kremes, rendang, mie dan bihun goreng serta sate ayam bumbu kacang Chef APJI.

Baca Juga :  KPP Pratama Gelar Rakor Pengamanan Penerimaan Pajak  

Pengunjung yang mencicipi sajian menyatakan kekagumannya atas masakan Indonesia, sekaligus menyayangkan tidak adanya restoran Indonesia di Madrid. Dalam merespon permintaan pasar, Kepala Bidang Luar Negeri APJI, Reny Feby, menggelar pertemuan dengan diaspora Indonesia di Madrid. (tmpo/rez)

 

Sumber: Tempo.co

To Top