Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Pejabat Mulai Gentayangan “Lobi Jabatan” ke Bupati


2 Jan 2017 12:13 WITA


 Pengisian OPD baru Januari 2017 Perbesar

Pengisian OPD baru Januari 2017

Pengisian OPD baru Januari 2017
Pengisian OPD baru Januari 2017

LOLAK – Meski belum ada kepastian jadwal pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan rotasi kabinet oleh Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung SH, ternyata cukup membuat resah sejumlah pejabat.

Bahkan, untuk mengamankan posisi dan melobi jabatan, sejumlah oknum pejabat mulai melakukan pendekatan alias cari muka (Carmuk) melalui momentum perayaan Natal dan Tahun Baru. Ada juga yang terus mengunjungi Pj bupati.  “Akhir-akhir ini banyak kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang keluar masuk rumah dinas,” kata sumber resmi yang merupakan orang dekat Pj Bupati.

Menurut sumber, meningkatnya kunjungan beberapa pejabat ke Penjabat Bupati, kemungkinan disebabkan adanya agenda pengisian struktur OPD dan roling jabatan. Pasalnya, Pj Bupati yang juga kepala Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Sulut itu akan memakai jasa beberapa pejabat eselon II dalam kabinetnya.

Sumber menambahkan, ada pimpinan SKPD yang terang-terangan mengatakan ingin bertemu bupati untuk menyelamatkan diri dan berusaha melobi jabatan. “Ada kepala SKPD yang justru terang-terangan mengatakan ingin menyelamatkan diri, entah hanya bercanda atau memang benar-benar untuk mengamankan posisinya,” ungkapnya.

Sumber yang meminta agar namanya tak ditulis itu mengungkapkan, momentum perayaan Natal dan Tahun Baru adalah kesempatan para pejabat memuluskan upaya lobi jabatan. ”Entah agenda resmi atau keluarga, para pejabat selalu mengunjungi bupati. Lihatlah belakangan ini, acara resmi di rumah dinas atau di kediaman pribadi di Minahasa pun selalu ramai dengan pejabat,” beber sumber.

Dikonfirmasi terpisah, Sekda Bolmong Drs Ashari Sugeha mengungkapkan, pergantian posisi di kabinet adalah hak bupati. “Itu hak bupati, saya tak bisa menanggapinya. Tapi, sebenarnya rolling itu adalah bentuk penyegaran untuk lebih mengoptimalkan kinerja di SKPD,” kata Ashari yang juga ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Sementara, Ketua DPRD Welty Komaling SE MM mengatakan, bupati dan tim baperjakat lebih tahu persis pejabat mana yang cocok dengan posisinya nanti. “Usulan dari bupati dan baperjakat itu kan masih akan dikonsultasikan dengan provinsi dan dibawa ke kemendagri. Saya yakin, komposisi pejabat nanti itu akan memperkuat roda pemerintahan Bolmong,” kata Welty.

Sebelumnya, Pj Bupati, Adrianus Nixon Watung, menegaskan, pejabat yang akan mengisi OPD, adalah yang mampu bekerja. ”Yang pasti orang-orang dalam kabinet baru nanti adalah mereka bisa bekerja, dan selalu bersama saya,” kata Nixon. (ahr)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj Bupati Jusnan Buka Pelatihan Pengembangan Konten Digital oleh Disdik Bolmong

12 Juli 2024 - 19:09 WITA

Jerry Tuuk Masuk Radar PDIP di Pilkada Bolmong, Figur Bersih Pengalaman Mumpuni

10 Juli 2024 - 20:16 WITA

Bupati Jusnan Buka Sosialisasi Pendampingan Hukum Bagi Sangadi se-Bolmong

10 Juli 2024 - 15:28 WITA

Felix Rapar: Kebijakan dan Terobosan dr. Jusnan Selama 2 Bulan Kepemimpinan Bawa Berkah Perubahan Bagi Bolmong

10 Juli 2024 - 12:45 WITA

Bersama Ketua DPRD Kotamobagu, Pj. Walikota Hadiri Pemeriksaan Keuangan Atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara

8 Juli 2024 - 20:17 WITA

Jusnan Resmi Lantik Abdullah Mokoginta Sebagai Sekda Bolmong Definiif

8 Juli 2024 - 11:48 WITA

Trending di Berita Bolmong