Berita Bolsel

Satu Warga Bolsel Bekerja di Kota Manado Postif Covid-19

Positif Covid Ilustrasi

BOLSEL – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), dr Sadly Mokodngan, saat ditemui sejumlah awak media, Senin (20/7/2020) mengatakan, telah terkonfirmasi satu warga Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), inisial AM (26), terpapar Covid-19 di Kota Manado.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang didapatkan,AM sudah lama tinggal di Manado dan tidak berada di Bolsel. Dia juga pekerja di RS Siloam Manado, namun dirinya belum bisa memastikan bekerja sebagai apa disana.

“Kalu untuk pekerjaan dari yang bersangkutan kita belum tau pasti, apakah dia tenaga medis atau cleaning service. Kita belum tau,” ucap Sadly.

Dia menjelaskan, kasus AM dia dapatkan saat di Manado dan bukan di wilayah Bolaang Mongondow Selatan.

“Ada kemungkinan RS Siloam melakukan rapid kepada seluruh pagawai di tempat tersebut dan dari hasil pemeriksaan itu, pasien dinyatakan reaktif covid-19. Setalah dilakukan pemeriksaan Swab test, yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19,” ungkapnya.


Menurut Sadly, AM di screening di Manado. Harusnya menjadi pasien yang masuk data Manado, bukan di Kabupaten Bolsel.

“Contohnya seperti yang lalu kan pernah, kedapatan warga manado yang masuk ke Bolsel itu postif Covid-19 dan dimasukan di data kasus Bolsel. Yang pastinya, pasien tersebut bukan dapat Covid-19 di Bolsel, tapi dapatnya di Manado,” tegasnya.

Sadly menambahkan, banyak warga Bolsel yang bekerja di luar daerah seperti di Manado bahkan di Provinsi Gorontalo yang memiliki KTP Bolsel.

“Seperti di Gorontalo itu, ada pasien yang ber KTP Bolsel terkena Covid-19. Tapi, yang bersangkutan masuk ke data kasus covid-19 di Gorontalo bukan di Bolsel. Hal ini, dikarenakan pasien sudah bekerja di Gorontalo cukup lama. Sama halnya juga, yang kasus di Manado ini. Tapi saya tidak tau, kenapa Pemprov memasukan data pasien tersebut ke data kasus Bolsel,” terangnya.

Apalagi saat ini Bolsel sudah kembali masuk sebagai daerah dalam zona hijau.

“Jadi di Bolsel itu, tetap masuk dalam zona hijau,” kuncinya. (wdm/ahr)

To Top