Menu

Mode Gelap

Berita Bolsel

Pemda Bolsel Siapkan 1 Unit Eskavator untuk Bantu Petani, Bisa Digunakan Buka Akses Jalan Perkebunan


20 Jul 2020 20:08 WITA


 Pemda Bolsel Siapkan 1 Unit Eskavator untuk Bantu Petani, Bisa Digunakan Buka Akses Jalan Perkebunan Perbesar

BOLSEL – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar kegiatan penanaman perdana jagung MSP serta tasyakuran launching alat berat 1 unit Eskavator. Senin (20/7) kemarin, bertempat di perkebunan Kompleks Perkantoran Panango.

Alat berat ini bisa digunakan oleh kelompok tani yang ada di Bolsel untuk membantu meningkatkan sektor pertanian, terutama membuka akses jalan perkebunan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Hi Iskandar Kamaru SPt didampingi Wabup Deddy Abdul Hamid dan turut dihadiri Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, Asisten l, asisten ll, asisten lll, Kapolsek Bolaang Uki, Pinolosian, Danramil dan kepala OPD dilingkup Pemda Bolsel.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pertanian dan Pertenakan, yang telah memberikan bantuan pinjam pakai alat berat eskavator kepada Pemda Bolsel. Selain itu, Pemda juga mengapresiasi, DPKP Bolsel karena telah berupaya melaksanakan kegiatan penanaman jagung MSP.

“Eskavator tersebut sudah dari tahun 2018. Alhamdulillah alat ini bisa sampai juga ke Bolsel dan akan membantu petani di daerah ini,” ucap Bupati.

Dia menjelaskan, apabila ada kelompok tani yang memiliki lahan tapi jalan belum jadi, kelompok tani harus bergotong royong untuk mengumpul dana membeli solar dan untuk biaya operator. Kemudian diajukan langsung kepada dinas terkait, alat berat tersebut langsung akan diturunkan di tempat dimana kelompok tani yang memerlukan untuk pembuatan jalan perkebunan.

“Alat ini juga, mempermudah bagi kelompok tani. Karena hanya menyediahkan dana untuk solar dan operasionalnya saja. Kita sudah bisa membuka jalan perkebunan tapi harus melalui kelompok tani,” ujarnya.

Alat ini juga bisa digunakan oleh petani sawah. Apabila ada kendala tentang pengairan, bisa menggunakan alat ini. Apalagi jika jalan air menuju sawah tersumbat oleh kerikil atau hal lain yang dapat menghambat saluran air ke sawah.

“Maka, mereka juga boleh mengajukan kepada dinas terkait. Inilah guna dari alat berat tersebut,” tukasnya.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati bersama Wabup, Ketua DPRD Bolsel Arifin Olii, asisten lll, Kapolsek Bolaang Uki mewakili Kapolres, melakukan penanaman jagung denganmenggunakan alat tanam. (wdm/ahr)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Jelang Pilkada Muba, Elektabilitas Apriyadi Makin Meningkat

4 Maret 2024 - 21:13 WITA

Walikota Kotamobagu Lantik Kori Manoppo sebagai Plt Sangadi Moyag Tampoan

4 Maret 2024 - 17:33 WITA

Walikota Kotamobagu Buka Secara Resmi Muscab IV PCNU Kotamobagu

4 Maret 2024 - 11:02 WITA

Kapolda Sumsel Tunjuk Perwira yang Bermasalah Jadi Kapolsek Sanga Desa

3 Maret 2024 - 21:46 WITA

Jokowi Datang Pengamanan di Palembang Super Ketat

2 Maret 2024 - 22:10 WITA

Terjadi di Palembang, Pelaku Tabrak Lari Dibekuk Polisi Lalu Lintas saat Pengamanan VVIP

2 Maret 2024 - 22:05 WITA

Trending di Berita Daerah