Berita Bolmong

Yasti Ingin Tiap Desa Beri Beasiswa untuk 2 Orang Masuk UDK

Foto Berita Bolmong
Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyerahkan dana hibah Rp500 juta kepada UDK.

KRONIK TOTABUAN – Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo Mokoagow, meminta tiap desa mengutus minimal 2 orang anak dengan beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan di Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK).

Yasti menyampaikan itu setelah penyerahan dana hibah kepada UDK yang diterima Dr. Ir Agus Supandi Soegoto, SE. M.Si, sebagai rector,Selasa (31/8/2021), di lantai II kantor Bupati, Kecamatan Lolak.

“Untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), saya pikir setiap desa perlu menganggarkan beasiswa kepada minimal dua orang anak di desanya setiap tahunnya untuk melanjutkan jenjang pendidikan mereka di UDK. Tapi catatannya harus di UDK, tak boleh diberikan beasiswa untuk masuk universitas lain, saat ini kita fokus dulu di UDK, karena UDK ada di tanah Bolmong,” kata Yasti menjelaskan.

Selain beasiswa dari desa, Pemerintah Daerah juga tentu akan menyiapkan beasiswa lainnya. Dengan adanya program tersebut, kata Yasti, maka dipastikan dapat menekan angka anak putus sekolah di Bolmong.

Baca Juga: Tiga Besar Seleksi JPT Pemkab Bolmong Diumumkan, Berikut Daftar Nama yang Lolos


“Banyak anak-anak kita yang putus sekolah karena kuliahnya terlalu jauh, sedikit ada kendala ekonomi akhirnya berujung berhenti. Tapi kalau Universitasnya ada di Kotamobagu, masih banyak keluarga yang bisa membantu. Inilah tujuannya, agar ada pengembangan kedepan,” katanya.

Kendati begitu, Yasti pun meminta agar setiap pemerintah desa harus menargetkan anak didik yang diutus tersebut agar menyelesaikan kuliahnya dalam 4 tahun.

“Bayangkan saja di Bolmong ada 200 Desa, maka setiap tahunnya ada 400 anak yang diutus. Harus ditargetkan dalam 4 tahun maksimal harus selesai. Dengan begitu, maka dipastikan kualitas SDM kita bisa berkembang dan mempuni, tapi itu harus di UDK, kita ini mau hidupkan dulu UDK sebagai Universitas yang kita banggakan di BMR,” jelas Yasti.

Perlu diketahui, Bupati Yasti selasa 31 Agustus 2021 kemarin, resmi menyerahkan dana hibah sebesar Rp500 juta untuk menunjang kegiatan akademik, pengelolaan kampus dan operasional fakultas kepada Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK).(len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top