Menu

Mode Gelap

Berita Boltim

Bupati Sachrul Larang Kendaraan PT. ASA Gunakan Jalan Daerah, Ini Alasannya


16 Mar 2023 22:15 WITA


 Bupati Sachrul Larang Kendaraan PT. ASA Gunakan Jalan Daerah, Ini Alasannya Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto, memerintahkan Camat Kotabunan untuk melarang perusahaan menggunakan jalan daerah menuju ke lokasi pertambangan PT ASA.

Hal ini dilakukan karena hingga saat ini perusahaan masih menggunakan jalan aset daerah yang menghubungkan antara desa Kotabunan dan Bukaka, sementara jalan tersebut sudah mulai tampak rusak karena selalu dilewati alat-alat berat.

Sejumlah masyarakat mendukung apa yang dilakukan oleh Bupati Sachrul Mamonto. Mereka mengatakan bahwa ternyata selama ini Bupati bukan hanya diam tapi dia melihat dan mempelajari berbagai persoalan di sana.

“Bupati tidak pernah bicara soal tambang di kotabunan, tapi langsung tindakan yang dilakukan dan masyarakat mendukung apa yang dilakukan Bupati,” ujar Unal salah satu warga Boltim.

Sementara itu, Camat Kotabunan yang memimpin penutupan jalan mengatakan bahwa ia mendapat telfon dari Bupati untuk menyurati PT ASA soal penggunaan jalan milik daerah, dan sebagai camat dirinya langsung berinisiatif mengirim surat untuk pelarangan kendaraan untuk melintasi jalan daerah.

Bupati Boltim saat di konfirmasi mengungkapkan bahwa memang keberadaan tambang tersebut legal karena mengantongi berbagai ijin dari kementerian, tapi disisi lain Bupati menegaskan bahwa perusahaan juga harus patuh pada pemerintah daerah sebagai pemilik wilayah karena ada banyak hal menyangkut kepentingan dan keamanan masyarakat yang harus dia jaga.

“Saya menjamin investasi yang masuk ke Boltim, bahkan menyediakan karpet untuk mereka melangkah masuk ke Boltim, tapi mereka juga harus mematuhi aturan kita di sini, selama tidak merugikan rakyat saya dukung, tapi kalo sudah merugikan maka tentunya akan berhadap-hadapan dengan saya,” tegas Sachrul.(Retho)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 208 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tindak Lanjuti Pengajuan Proposal Rehabilitasi Gelora Ambang, Pj. Walikota Kunjungi Kemenpora

21 Juni 2024 - 18:23 WITA

Asisten 1 Setda Kotamobagu Terima Kunker Kanwil Kemenkumham Sulut

20 Juni 2024 - 20:16 WITA

Pj. Walikota Lakukan Kunker ke RSI Jakarta, Ini yang Dibahas

20 Juni 2024 - 20:08 WITA

Lestarikan Tradisi Bekarang, Pemkab Muba Akan Gelar Festival Embung Senja

20 Juni 2024 - 17:09 WITA

Meiddy- Haris Menguat Diusung PDIP di Kotamobagu, Ini Penegasan DPP

20 Juni 2024 - 06:11 WITA

Resep Herbal dari dr. Zaidul Supaya Stamina Suami Istri Tetap Terjaga

20 Juni 2024 - 05:17 WITA

Trending di Headline News