Menu

Mode Gelap

Berita Boltim

Bupati Sachrul Tuntaskan Ujian Desertasi Doktoral di Universitas Hasanuddin


8 Okt 2023 21:44 WITA


 Bupati Sachrul Tuntaskan Ujian Desertasi Doktoral di Universitas Hasanuddin Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Bupati Bolaang Mongondow Timur, DR (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, (SSM) akhirnya lulus dengan angka sangat memuaskan yakni 9,82 (A) pada ujian disertasi proposal penelitian yang di laksanakan di Ruang pertemuan Universitas Hasanudin Makassar Jumat, 8 Oktober 2023.

Dalam disertasi yang berjudul “Politik Pariwisata dan Simtom Konflik Kepentingan”  Mamonto benar-benar di Kuliti oleh guru-guru besar Unhas untuk menggali isi dari disertasi yang di usulkan.

Selama Ujian proposal yang berlangsung hampir 3 jam tersebut, SSM mampu memberikan argumen ilmiah dan meyakinkan para dosen penguji tentang metode dan objek penelitan serta teori-teori yang di gunakan sebagai pijakan kerangka penelitian.

Adapun tiga penguji yakni, Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si, Drs. H. Andi Yakub, M.Si., Ph.D, dan Dr. Muhammad Saad, M.A, mengatakan

pengajuan judul disertasi Politik Pariwisata yang merupakan suatu disertasi yang menarik untuk diteliti.

“Jika penelitian ini berhasil, maka Boltim bisa menjadi rujukan tentang politik pariwisata. Bahwa disertasi ini adalah sesuatu yang baru tentang masalah pariwisata yang belum pernah diteliti sebelumnya,” ujar prof Armin

senada dengan Prof Armin,  kandidat DR. Gustiana A. Kambo, S.IP., M.Si, ketua Prodi ilmu politik Unhas yang juga promotor penelitian. Mengatakan hal yang sama.  “Setelah mempresentasikan proposal penelitian dihadapan penguji dan promotor dan menanggapi semua pertanyaan, maka dari 8 kategori penilaian, kami promotor dan penguji memberikan nilai A,” ujar Prof. DR. Muhammad, SIP, M.Si, koordinator promotor penelitian yang juga mantan ketua Bawaslu RI dan DKPP RI.

SSM mengemukakan judul disertasi mengenai Politik Pariwisata agar bisa memecahkan permasalahan tentang sektor pariwisata di Boltim.

“Dalam penelitian ini, harus ada keberanian untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah. Ini disertasi yang sangat berbeda yang biasanya karena ada konflik kepentingan. Ada banyak problem termasuk problem mikro tentang pariwisata yang harus dipecahkan, sehingga menghasilkan yang terbaik tentang keputusan pemerintah. Dengan penelitian ini ada sebuah kebanggaan di daerah jika penelitian ini berhasil dilaksanakan,” ujar SSM menjelaskan disertasi dihadapan penguji dan promotor.

Seperti diketahui, sangat banyak potensi pariwisata di Boltim, sehingga pemilihan judul disertasi mantan ketua DPRD Boltim ini merupakan bukti keseriusan Bupati dalam mengangkat dan memajukan sektor Pariwisata Boltim termasuk pariwisata lokal yang mencakup Desa Wisata di Boltim.

Untuk diketahui dalam disertasi, yang menjadi promotor dan penguji antara lain: Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si. (Promotor), Dr. Gustiana A. Kambo, S.IP., M.Si. (Ko-Promotor I), Dr. Magdalena Wullur, S.E., M.M. (Ko-Promotor II) dan Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si., Drs. H. Andi Yakub, M.Si., Ph.D., dan Dr. Muhammad Saad, M.A. sebagai penguji.

Hadir dalam presentasi di Unhas tersebut yakni Ketua TP-PKK, Seska Ervina Budiman, S.Sos, Sekda DR. Sonny Warokka, Para asisten dan staf ahli Bupati, pejabat terkait dan beberapa undangan guru besar dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.(Retho)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pj. Walikota Kotamobagu Ikuti Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah di Kemendagri

11 Juli 2024 - 16:54 WITA

DPMD Kotamobagu Matangkan Penerapan Pemyesuaian Masa Jabatan Sangadi

11 Juli 2024 - 15:58 WITA

Jerry Tuuk Masuk Radar PDIP di Pilkada Bolmong, Figur Bersih Pengalaman Mumpuni

10 Juli 2024 - 20:16 WITA

Bupati Jusnan Buka Sosialisasi Pendampingan Hukum Bagi Sangadi se-Bolmong

10 Juli 2024 - 15:28 WITA

Felix Rapar: Kebijakan dan Terobosan dr. Jusnan Selama 2 Bulan Kepemimpinan Bawa Berkah Perubahan Bagi Bolmong

10 Juli 2024 - 12:45 WITA

Gelapkan Rp573 Juta Dana Bimtek Sangadi, Oknum ASN Dinas PMD Kotamobagu Ditangkap di Palu

8 Juli 2024 - 11:57 WITA

Trending di Berita Daerah