Berita Boltim

Hadiri Pelantikan Pengurus PWI Boltim, Sachrul Sampaikan Hal Ini

Foto Berita Boltim
Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto saat memberikan sambutan di acara pelnatikan pengurus pwi boltim

KRONIK TOTABUAN – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto menghadiri pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Boltim, (30/9/2021) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Boltim.

Sachrul dalam sambutannya mengatakan, bahwa pers memiliki fungsi sentral dalam pembangunan Negara khususnya di Daerah.

Baca Juga: Pansel Umumkan Nama Pejabat yang Lulus 3 Besar Selter JPT Pratama

“Pers sebagai pilar ke 4 (empat) demokrasi memiliki peran yang begitu penting dalam mewujudkan dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mewartakan agenda pemerintahan ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah,” ujar Sachrul.

Sachrul juga mengatakan bahwa ditengah pesatnya zaman dan penyebaran informasi yang tak terbatas, Negara sangat membutuhkan kehadiran pers dengan prespektif yang jernih dan turut berperan dalam melawan kekacauan informasi, hoax, ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi.

“Pers juga harus bisa menciptakan masyarakat yang sehat, dalam arti sehat dalam mencerna informasi. Bukan malah memberitakan hal yang tidak pernah terjadi,” lanjutnya.

Sachrul juga berharap pengurus PWI Boltim yang baru dilantik dapat menjadi mitra pemerintah yang bisa bersinergi dalam mewujudkan program pembangunan Daerah terutama dalam mempromosikan pariwisata di Boltim.

“Sekarang ini adalah era kebebasan pers, tapi bukan berarti sebebas-bebasnya menulis berita. Perhatikan kode etik jurnalistik, silahkan memberikan kritik akan tetapi kritik membangun dan berlandaskan data yang ada,” imbuhnya.


Berlatar sebagai mantan jurnalis, Sachrul memahami betul seperti apa dan bagaimana kerja-kerja wartawan. Katanya, jangan ada interest maupun kepentingan pribadi yang dibalik berita yang ditulis.

“Jangan hanya karena tidak menyukai seseorang kemudian menulis berita dan menyerangnya secara pribadi. Itu tidak boleh, kalian jangan seperti itu. Jangan jadi wartawan kampungan. Kalian harus profesional,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Sachrul mengucapkan selamat untuk pengurus PWI Boltim yang baru saja dilantik.

“Banyak selamat kepada adik-adik saya yang hari ini dilantik sebagai pengurus organisasi wartawan tertua di negeri ini,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid, SIK, anggota DPRD Boltim, Samsuddin Dama, Ketua PWI Provinsi Sulut, Voucke Lontaan, Sekretaris PWI Sulut, Merson Simbolon, Kepala Diskominfo, Khaeruddin Mamonto, Kepala Kesbangpol, Hendra Tangel, Kabag Tapem setda Boltim, Ikhlas Pasambuna serta seluruh tamu undangan yang hadir.

Kegiatan ini juga digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (retho)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top