Menu

Mode Gelap

Berita Otomotif

Ketika AC Mobil Mulai Tak Dingin, Periksa Hal Ini


13 Jun 2020 12:42 WITA


 Ketika AC Mobil Mulai Tak Dingin, Periksa Hal Ini Perbesar

JAKARTA – Perangkat AC mobil menjadi fitur penting sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Ketika AC mobil mulai tidak dingin tentu bisa mengganggu perjalanan bahkan anggota keluarga teriak gerah, panas. Sering kali, AC mobil yang tidak dingin yang dituduh biang kerok adalah freon. Alasannya, freon memang sering bocor jika usia mobil sudah lumayan lawas.

Seperti dikutip dari laman Suzuki, sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin, diantaranya kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Nah, dalam evaporator inilah freon AC berada.

Semestinya, risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC ini bisa menua dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.

Selain kedua faktor tersebut, kemampuan AC mobil untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang karena lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa, sudah merenggang. Kondisi ini biasanya terkait dengan usia karet seal atau faktor lainnya.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah, cek dulu seluruh komponen AC secara keseluruhan. Jika terdapat kebocoran, sebaiknya langsung ditambal. Setelah itu, baru AC mobil bisa diisi dengan freon baru.

Cara mengetahui kebocoran? Mendeteksi kebocoran AC sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kompresor yang terdapat pada AC mobil. Jika kompresor AC mobil tidak bergerak saat dinyalakan, kemungkinan besar freon AC sudah habis karena adanya kebocoran.

Selain itu, ada beberapa ciri lainnya yang menandakan freon AC mobil harus segera diganti, diantaranya adalah kipas AC tidak berputar, udara yang keluar tak segar dan dingin lagi, kipas AC tidak berputar dan lainnya. Segera bawa ke dealer resmi. (*)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Road Race MEKAL Cup 2022 Sukses, Meiddy Makalalag: Sampai Jumpa Tahun Depan

25 Juli 2022 - 09:47 WITA

Ribuan Penonton Saksikan Road Race MEKAL Cup, Begini Kata Pembalap

22 Juli 2022 - 19:40 WITA

Kia Corp Bakal Luncurkan 14 Model Kendaraan Listrik Tahun 2027

25 April 2022 - 20:25 WITA

Kia Corp Bakal Luncurkan 14 Model Kendaraan Listrik Tahun 2027

Muda Charaka Sukses Gelar Event Drag Race dan Drag Bike Boltim 2021

13 Desember 2021 - 09:32 WITA

Promo Hari Ini Abrizt Car Wash Berikan Potongan Harga Hingga 50 Persen

15 September 2021 - 10:05 WITA

Diluncurkan 16 Februari, Ini Spesifikasi New Mitsubishi Pajero Sport

9 Februari 2021 - 10:35 WITA

Trending di Berita Otomotif