.

Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Akan Bangun Lagi Rumah Hanyut dan Roboh karena Banjir Bandang

Foto Berita Bolmong
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow meninjau lokasi banjir di Desa Domisil.

BOLMONG– Banjir bandang yang terjadi di Desa Domisil dan Pangi, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongndow (Bolmong), Rabu (4/3/2020) kemarin, mengakibatkan kerugian material yang tak sedikit.’

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong hingga tadi malam, sebanyak 5 rumah hanyut, 10 rumah rusak berat, 10 rumah rusak sedang, dan 30 rumah rusak ringan.

Selain itu fasilitas milik pemerintah seperti TK, PAUD, taman pengajian, kantor desa, dan Pustu juga rusak parah. Mobil warga juga ada yang hanyut, serta hewan ternak banyak mati.

Untuk rumah warga yang hanyut dan roboh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong akan membangunnya lagi.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Desa Domisil, Satu Anak Tewas dan Satu Lagi Hilang

“Kita akan bangun lagi rumah warga yang hanyut dan roboh karena bencana ini. Untuk sementra kita fokus dulu pada pemulihan dan penyaluran bantuan,” kata Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, saat meninjau lokasi banjir dan menemui para warga terdampak kemarin sore.

Ternyata di Kecamatan Sangtombolang ada delapan desa yang terkena banjir. Yakni, Pangi Timur, Domisil, Bolangat, Pasir Putih, Lolanan, Batu Merah, Pangi, dan Bolangat Timur.

Namun dua desa paling parah yaitu Pangi dan Domisil.

Selain banjir, tanah longsor juga memutus akses ke dua desa tersebut. Parahnya lagi, akses jalan yang terputus karena longsor adalah jalan Trans Sulawesi. Akibatnya kendaraan tidak bisa melintas. (len)

To Top