Berita Ekonomi

Presiden Berharap Ekonomi Kuartal III Meningkat

Presiden Berharap Ekonomi Kuartal III Meningkat
Kroniktotabuan.com

JAKARTA – Presiden Joko Widodo berharap ekonomi Indonesia harus naik di kuartal III-2020. Jika tidak, maka kondisi ekonomi pada kuartal selanjutnya akan lebih sulit lagi.

“Kita berharap di kuartal ketiga, kita sudah harus naik lagi. Kalau enggak, enggak ngerti lagi saya, akan tetap lebih sulit kita,” kata Jokowi dalam video conference, Kamis (23/7/2020).

Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun ini diprediksi merosot minus 4,3-5 persen, akibat pandemi virus corona (Covid-19). “Saya mengajak kita semua untuk bergerak menumbuhkan ekonomi agar tidak makin turun tapi bisa diungkit lagi naik,” ujarnya.

Dia meminta agar jajarannya dapat memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi pada kuartal III 2020 atau periode Juli, Agustus, dan September. Salah satu caranya yakni, mempercepat belanja anggaran di kementerian/lembaga hingga program-program pemulihan ekonomi nasional.

“Kalau kita bisa mengungkit ini, Insya Allah nanti di kuartal IV lebih mudah, tahun depan kita akan jauh lebih mudah. Kesempatan kita di bulan Juli, Agustus, September,” jelasnya.

“Ini saya sampaikan juga kepada semua menteri untuk belanja yang belanja dari anggaran APBN ini juga 3 bulan ini. Ini kesempatan kita ada di sini,” sambung Jokowi.

Dia menyatakan bahwa kondisi ekonomi yang kian sulit ini juga dirasakan oleh sejumlah negara lainnya akibat pandemi corona. Dia mengaku mendapat laporan dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) bahwa yang memproyeksi ekonomi dunia minus 6 persen sampai minus 7,6 persen.

Bukan hanya itu, dia menyebut bahwa OECD juga menyampaikan bahwa ekonomi sejumlah negara juga akan terkontraksi. Misalnya, ekonomi Perancis diprediksi minus 17 persen, Inggris minus 15 persen, Jerman minus 11 persen, Amerika Serikat minus 9,7 persen, Jepang minus 8,3 persen, dan Malaysia minus 8 persen.

“Bayangkan isinya minus dan minusnya adalah dalam posisi yang gede-gede seperti ini,” ucap Jokowi.(*)

MERDEKA

To Top