Berita Bolmong

Siklon Surigae Landa Sulut, BPBD Bolmong Minta Masyarakat Lebih Waspada

Foto Berita Bolmong

BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana angin kencang, hujan lebat, tanah longsor, dan gelombang tinggi yang ditimbulkan dari badai Siklon Surigae.

Peringatan tersebut menyusul adanya surat himbauan dari Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, bernomor: 360/21.2467/Sekv.BPBD tentang kesiapsiagaan terhadap siklon tropis.

“Saat ini Pemkab Bolmong telah menetapkan status siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrim yang bisa saja berpotensi terjadinya banjir, tanah longsor, angin kencang dan gelombang tinggi,” kata Kepala BPBD Bolmong, Syahril Mokoagow, Senin (19/4/2021).

Baca Juga: Pemkot Kotamobagu Siapkan Sanksi ASN Mudik

Pihaknya pun menghimbau agar masyarakat yang bermukim di daerah yang beresiko tinggi seperti di bantaran sungai, lereng rawan dan ditepi pantai agar menghindar jika situasi cuaca tidak memungkinkan dan sesegera mungkin mencari tempat yang aman.


Perlu diketahui, berdasarkan pemantauan dan analisa sari BMKG, bibit siklon tropis di utara Papua saat ini telah berkembang menjadi Siklon Surigae.

Diperkirakan akan menjadi badai tropis kuat dan bahkan Thypoon. Dimana dampak dari siklon ini akan meningkatkan kecepatan angin rata-rata di wilayah Sulut secara bertahap hingga puncak.

Begitu juga berpotensi hujan lebat yang akan mengguyur dengan intensitas ringan dan lebar serta tinggi gelombang laut akan mengalami peningkatan 4 sampai dengan 6 meter. (len)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top