Berita Boltim

Sukses Dihelat, Inovasi Peserta BIG 2021 Diharapkan Bisa Dimaksimalkan Pemda

Foto Berita Boltim

KRONIK TOTABUAN – Kegiatan Boltim Innovation Government (BIG) 2021 yang digelar oleh Badan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Boltim Sukses digelar.

“Secara keseluruhan ada 20 inovator, itu dilombakan dan dinilai oleh tim juri yang berkompeten,” ujar Kepala Sub Bidang Litbang Informasi dan Data, Darman D. Matara.

Darman juga mengatakan bahwa kategori peserta BIG sendiri terbagi dari 2 kategori yakni perangkat daerah dan umum.

Baca Juga: Pertama Kali di Boltim, Bupati Lantik Pejabat di Bawah Pohon


“Sementara yang menjadi juara di kategori umum itu ada layanan administrasi desa lewat aplikasi SiDedi, sementara juara dua disabet inovasi Tabungan Komunitas untuk Perempuan dan Emak-emak Pesisir atau Takinnami dan yang ketiga EpotSangadi,”

Darman menambahkan, bahwa untuk tahun depan Tim Juri telah merekomendasikan semua inovasi ini oleh perangkat daerah harus diaplikasikan, sementara untuk kategori umum itu sudah terebih dahulu diaplikasikan.

“Contoh aplikasi SiDedi sudah jalan di Desa Kotabunan Barat. Kalau TakinNami juga sudah berjalan di Desa Iyok Kecamatan Nuangan sudah berjalan kurang lebih 3 bulan. Yang dibutuhkan sekarang adalah, perangkat daerah bisa memaksimalkan apa yang menjadi inovasi yang mereka sampaikan, jadi intinya kami dari Bappelitbangda hanya menjadi stimulus untuk bagaimana inovasi-inovasi tersebut bisa tercipta pada saat momentum seperti ini, ada pandemi dan lain sebagainya,” pungkasnya.(retho)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top