Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

30 Penyuluh Agama Islam Non PNS Wajib Manfaatkan Teknologi


13 Jul 2020 12:15 WITA


 30 Penyuluh Agama Islam Non PNS Wajib Manfaatkan Teknologi Perbesar

LOLAK – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (13/7/2020), menggelar kegiatan Pembinaan Penyuluh agama Islam Non PNS, di Gedung Rahmadina Kota Lolak yang diikuti 30 orang peserta.

Tema kegiatan ini adalah Pembinaan Penyuluh Agama Islam Konten Pemberdayaan Ekonomi Umat dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sulut Abdul Rasyid.

Menurut Kepala Kemenag Bolmong Drs H Muhtar Bonde MH, tujuan pembinaan terhadap penyuluh Agama Islam Non PNS adalah meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan tugas secara profesional.

“Ini juga bagian dari peningkatan keterampilan dalam melaksanakan tugas secara profesional. Selain itu untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi umat,” kata Muhtar.

Dia berterima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sulut Abdul Rasyid, yang telah hadir dan membawa materi pada kegiatan itu.

“Alhamdulillah, pembinaan penyuluh agama Islam dilingkungan kementerian agama kabupaten Bolmong berjalan dengan baik. Kakanwil Kementerian Agama Sulut juga memberikan materi,” ujarnya.

Kakanwil provinsi Sulut, Abdul Rasyid saat menyampaikan materi menegaskan, penyuluh adalah garda terdepan pembinaan umat. Sehingga harus dimaksimalkan potensinya demi kemajuan ekonomi umat.

“Harus mampu menjawab tantangan yang demikian kompleks seperti pesatnya perkembangan teknologi. Penyuluh wajib memanfaatkan teknologi. Banyak orang belajar agama dari internet sehingga ulama tak lagi menjadi otoritas,” jelasnya.

Abdul Rasyid menambahkan, penyuluh harus bisa mengimbangi pengetahuan dan pemahaman agama yang benar agar ada kemampuan dalam menyampaikan pesan secara efektif dan efisien.

“Jika ada hal yang membingungkan, penyuluh harus mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat dengan cara yang tepat dan mudah dipahami,” katanya.

Selain itu, dia berharap potensi spiritualitas dan moralitas seorang penyuluh, harus lebih unggul daripada yang lain.

Pada kegiatan ini, dua pemateri lainya yakni Kepala Kemenag Bolmong Muhtar G Bonde, dan Kasi Bimas Islam Kemenag Bolmong, Kifli Lamusa. (ahr)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Jelang Pilkada Muba, Elektabilitas Apriyadi Makin Meningkat

4 Maret 2024 - 21:13 WITA

Walikota Kotamobagu Lantik Kori Manoppo sebagai Plt Sangadi Moyag Tampoan

4 Maret 2024 - 17:33 WITA

Walikota Kotamobagu Buka Secara Resmi Muscab IV PCNU Kotamobagu

4 Maret 2024 - 11:02 WITA

Kapolda Sumsel Tunjuk Perwira yang Bermasalah Jadi Kapolsek Sanga Desa

3 Maret 2024 - 21:46 WITA

Jokowi Datang Pengamanan di Palembang Super Ketat

2 Maret 2024 - 22:10 WITA

Terjadi di Palembang, Pelaku Tabrak Lari Dibekuk Polisi Lalu Lintas saat Pengamanan VVIP

2 Maret 2024 - 22:05 WITA

Trending di Berita Daerah