Berita Olahraga

Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Sinisuka Ginting Lolos ke Semifinal

Foto Berita Olahraga

KRONIK TOTABUAN – Anthony Sinisuka Ginting memastikan lolos ke semifinal bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 nomor tunggal putra. Kali terakhir yang melakukannya adalah Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro.

Tiket babak empat besar dipastikan Anthony Ginting berkat kemenangan usai berduel tiga gim lawan Anders Antonsen di Musashino Forest Sport Plaza dalam partai perempatfinal, Sabtu (31/7/2021) siang WIB.

Baca Juga: Bupati Boltim Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Ruang Publik

Dalam pertandingan itu, Anthony merebut gim pertama dengan kemenangan 21-18. Tapi Antonsen kemudian bangkit di gim kedua, yang bikin pemain Denmark itu menang 21-15. Di gim penentu, Anthony Ginting berhasil menang lagi dengan skor 21-18.

Hasil itu bukan cuma membuat cabang bulutangkis masih menjaga asa untuk menambah perolehan medali Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, tapi juga membuat penantian belasan tahun akhirnya tuntas.


Sebelum Anthony maju ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020, kali terakhir tunggal putra bisa menembus babak empat besar adalah pada 17 tahun silam.

Pada Olimpiade Athena 2004, ada Taufik Hidayat dan Sony Dwi Kuncoro yang sama-sama menembus empat besar Olimpiade. Pada saat itu Sony dikandaskan pemain Korea Shon Seung-mo, tapi Taufik berhasil tembus ke final usai mengalahkan Boonsak Ponsana.

Masih kilas balik di Olimpiade Athena 2004, Taufik Hidayat kemudian juga mampu berjaya di final dengan kemenangan 15-8, 15-7 atas Shon untuk pulang ke Tanah Air dengan membawa medali emas Olimpiade. Sony sendiri mendapat perunggu.

Selain ketiga sosok tersebut, paling tidak ada lima tunggal putra Indonesia lain yang juga pernah sampai ke semifinal ajang Olimpiade yakni Hermawan Susanto, Ardy B. Wiranata, Alan Budikusuma, Heriyanto Arbi, dan Hendrawan. (*/dtk)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top