Berita Bolsel

81 Desa di Bolsel akan Gunakan Sistem Chekker Meker dalam Pengelolaan Keuangan

images 1 01

BOLSEL-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) akan menerapkan sistem Chekker Meker dalam pengelolan Keuangan di 81 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan.

Saat di konfirmasi awak media, Selasa (10/11/2020), Kepala Dinas PMD Ekafrei Van Gobel melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, Darwis Hasan, mengatakan, sistem ini sebagai bentuk perhatian Pemda Bolsel untuk mempermudah pemdes dalam pengelolaan keuangan.

“Sistem chekker meker dan aproval, itu untuk mempermudah transaksi keuangan, misalnya Pemdes Lion tidak perlu ke molibagu untuk melakukan transaksi keuangan, begitu juga dengan dari Pinolosian Timur,” katanya.

Proses ini sangat memudahkan dalam pemeriksaan nantinya, sebagai tujuan pengunaan anggaran dapat secara terbuka dan transparansi.


“Aplikasi ini sangat membantu Desa mengelola APBDes dengan cara non tunai, karena Transaksi keuangan sudah langsung didesa,” ungkapnya.

Lanjut, saat ini pengunaan Chekker meker dan aproval baru tiga Desa, nantinya 79 Desa akan menyusul.

“Tiga Desa itu, Ilomata, Soguo dan Salongo, November ini semua Desa sudah mengunakan Chekker Meker dan Approval dalam pengunaan keuangan di Desa,” tandasnya. (adi)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top