.

Berita Sulawesi Utara

Babi Putar, RW hingga Paniki. Inilah 6 Hidang Khas Natal di Manado!

Babi Putar, RW hingga Paniki. Inilah 6 Hidang Khas Natal di Manado!
Google
Kroniktotabuan.com

MANADO– Natal tak hanya identik dengan pohon natal. Kado dan hidangan yang disajikan juga menjadi sesuatu yang ditunggu- tunggu saat Natal.

Soal hidangan, Sulawesi Utara (Sulut), terutama Kota Manado dan Minahasa Raya, punya hidangan khas saat Natal. Apalagi warga yang merayakan Natal di sini kerap kali menggelar pesta besar. Sehingga makan besar dan enak wajib dihidangkan.

Berikut 6 hidangan khas yang khas di Manado saat natal dikutip dari laman tribunnews.com:

  1. Ayam rica-rica

Hidangan ini menjadi salah satu yang wajib saat Natal. Rasanya yang pedas sangat menggugah nafsu makan Anda. Terlebih lagi lidah orang Manado hobi yang pedes-pedes.

  1. Paniki

Makanan yang satu ini tak kalah lezat dengan ayam rica-rica. Hidangan ini terbuat dari daging kelelawar (paniki).

Biasanya, sebelum dimasak, kelelawar dibakar dulu untuk menghilangkan bulu halusnya.

Tak hanya satu macam, tapi olahan berbahan dasar kelelawar ini bisa jadi beragam sajian looh guys. Misalnya, paniki rica-rica, paniki santan hingga paniki goreng.

  1. Babi Putar

Babi putar ini biasanya ada saat orang Manado merayakan natal. Sesuai namnaya, hidangan ini berbahan dasar seekor babi utuh yang dibakar dengan cara diputar di atas bara api kemudian diramu dengan bumbu-bumbu khas Manado.

4.Ikan Woku Belanga

Makanan ini berbahan dasar seafood atau seperti ikan, kepiting, telur ikan, udang dan cumi yang dimasak dengan rempah-rempah khas Manado. Tak hanya pedas, bumbu lainnya juga akan terasa saat kamu memakannya.

Disajikan dengan nasi yang masih hangat, hmmm nyami deh..Ternyata bukan hanya berbahan dasar ikan laut loh, woku belanga juga bisadibuat dari bahan dasar daging ayam bahnkan daging sapi.

  1. Nasi Jaha

Nasi jaha atau lemang merupakan hidangan yang wajib warga Manado saat natal. Nasi jaha merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan santan. Cita rasa yang khas membuat makanan ini spesial.

Nasi jaha biasanya terbuat dari beras ketan yang diberi santan berbumbu jahe kemudian dimasukkan kedalam bambu dan dimasak dengan cara dibakar diatas bara api.

  1. RW

Makanan kali ini sangat enak jika disajikan dengan nasi jaha. RW merupakan makanan yang berbahan dasar daging anjing. Dengan rempah-rempah khas Manado daging anjing diolah dan kemudian jadilah satu masakan yang dinamakan makanan RW.

Nah RW juga tak selamanya terbuat dari daging anjing, ternyata ikan laut, ayam dan daging sapi pun bisa diolah menjadi makanan RW. Bumbu dan rempah-rempahnya yang menjadikan cita rasa makanan RW ini sangat lezat dan banyak dicari saat perayaan natal.

Sumber: tribunnews.com

To Top