Berita Bolmong

Bupati Yasti Tanam Pohon Tabebuya di Kecamatan Lolak, Berikut Manfaat Tanaman Asal Brasil Ini!

Bupati Yasti Tanam Pohon Tabebuya di Kecamatan Lolak, Berikut Manfaat Tanaman Asal Brasil Ini! Berita Bolmong
Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow memimpin SKPD melakukan penanaman Tabebuya.
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Jumat (14/2/2020), melaksanakan kerja bakti di dua jalur Lolak dan penanaman pohon Tabebuya.

Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, memimpin langsung kerja bakti dan penanaman pohon ini sekira pukul 07.30-10.00 WITA.

Sekadar diketahui, tanaman Tabebuya Rosea habitat aslinya berasal dari Negara Brasil. Tanaman ini sangat cocok berada di daerah dengan iklim kering, dan memiliki ketahanan hidup yang tinggi. Sehingga bisa dipastikan tanaman jenis itu sangat cocok ditanam di daerah Lolak.

Pohon Tabebuya adalah pohon hias populer yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis.

Karena, Tabebuya adalah pohon dengan pemeliharaan rendah, dimana pemangkasan dibutuhkan hanya untuk menghilangkan tangkai yang mati atau rusak. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman.

Bunga tabebuya juga memiliki sederet manfaat. Dari sekian banyak, Dengan kandungan berupa naphthoquinone, bunga tabebuya yang sudah diproses menjadi obat herbal ternyata ampuh melawan penyakit malaria. Di samping itu, dengan dosis yang tepat, bunga tabebuya juga bisa memperkuat sistem imun untuk mencegah infeksi. (len)

Berikut Manfaat Pohon Tabebuya Rosea Dikutip dari Berbagai Sumber:

1. Membuat udara di sekitar lebih bersih

Bunga tabebuya ini memiliki struktur ranting rindang, serta pohon tidak terlalu tinggi. Pohon tersebut berfungsi untuk penyerapan karbon, serta polusi kendaraan. Jadi, udara sekitar bisa lebih bersih.

2. Sebagai tanaman hias

Dengan bentuknya yang tak sebegitu besar dan tinggi, pohon bunga tabebuya disebut cocok dijadikan tanaman hias di halaman rumah Anda. Warna bunganya yang bermunculan ketika mekar jadi bonus lain.

3. Penyembuh luka

Daun dari pohon bunga tabebuya sering kali dimanfaatkan untuk mengobati luka, bahkan menurunkan panas. Merupakan sumber tanaman herbal, pohon ini juga dimanfaatkan sebagai penambah sel darah secara alami bagi pasien pengidap anemia.

4. Mengobati flu

Akar pohon bunga tabebuya cenderung kering dan di beberapa negara dimanfaatkan sebagai bahan pembuat teh yang disebut tahibo. Walau rasanya kurang menyenangkan, namun minumn ini bisa mengobati flu yang sering menyerang ketika cuaca lebih dingin.

5. Dimanfaatkan untuk pupuk

Bunga dari pohon tabebuya dapat dijadikan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengumpulkan bunga dari pohon tabebuya yang telah berjatuhan, kemudian diamkan selama beberapa hari. Setelah mengalami pembusukan, maka bunga tersebut bisa dijadikan pupuk.

Terlepas dari semua manfaat yang telah disebutkan di atas, penggunaan pohon bunga tabebuya sebagai pengobatan herbal bisa juga berbahaya. Pasal, komponen aktif di dalam tanaman tersebut juga mengandung racun yang bisa mematikan jika diolah dengan keliru.

Berkomentar menggunakan Akun Facebook

loading...
a
To Top