Berita Boltim

Bupati-Wabup Boltim Buka Kegiatan Presentasi Renstra OPD, Sachrul: Harus Sejalan Dengan 5 Program Prioritas Pemerintahan

Foto Berita Boltim

KRONIK TOTABUAN – Kegiatan Presentasi Rencana Strategis (Renstra) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Tikur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto didampingi Wakil Bupati (Wabup) Oskar Manoppo, Jumat (28/5/2021).

Kegiatan yang digelar di Ballroom Mercure Resort, Manado ini diikuti oleh seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim.

Baca Juga: Dinsos Kotamobagu Ikuti Peringatan HLUN 2021

Kegiatan presentasi Renstra ini rencananya akan diselenggarakan selama 3 hari dimulai sejak Jumat, 28 Mei sampai dengan Minggu, 30 Mei 2021. Tujuannya, agar setiap Perangkat Daerah mampu mepersentasekan program dan kegiatan yang tertuang dalam Renstra.

Bupati, Sam Sachrul Mamonto dalam arahannya menjelaskan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari Visi, Misi dan Program Kepala Daerah yang memuat Tujuan, Sasaran, Strategi, Arah Kebijakan

Pembangunan Daerah dan Keuangan Daerah, serta Program Perangkat Daerah dan Lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.


“Kegiatan presentasi ini juga untuk menguji kemampuan setiap kepala SKPD memaparkan isu strategi dan bersinergi dengan visi misi yang tertuang disetiap program kegiatan SKPD,” ujar Sachrul.

Renstra perangkat daerah memuat tujuan, sasaran, program dan kegiatan pembangunan dalam rangka pelaksanaan Urusan Pemerintahan Wajib dan/atau Urusan Pemerintahan Pilihan sesuai dengan tugas dan fungsi setiap perangkat daerah.

Sesuai dengan visi misi Bupati dan Wabup, Bersinar, telah dirumuskan 5 program prioritas daerah yaitu:

  1. Peningkatan pendidikan Untuk sumber daya manusia yang berkualitas.
  2. Pembangunan infrastruktur terkait jalan usaha tani dan akses Wisata.
  3. Peningkatan pelayanan fasilitas kesehatan tingkat Pratama.
  4. Peningkatan UMKM dan koperasi terutama di perdesaan.
  5. Peningkatan pendapatan perkapita dan NTP.

Lima program prioritas ini merupakan target yang harus dicapai oleh pemerintah daerah dalam 5 tahun kedepan.

Turut hadir dalalam kegiatan ini Sekertaris daerah (Sekda) Sonny Waroka, para asisten, seluruh Kepala SKPD dan Staf khusus Bupati.(Retho)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

Berita Populer

To Top