.

Berita Daerah

Cegah Banjir, BPBD Bersihkan Sampah di Sungai Katulidan

Foto Berita Daerah
Foto Berita Daerah

Banjir diakibatkan menumpuknya sampah di aliran sungai

KOTAMOBAGU– Pasca luapan air sungai yang menyebabkan banjir di sejumlah rumah warga yang terjadi hingga memakan korban, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotamobagu intens melakukan pembersihan di sejumlah sungai.

Menurut Kepala BPBD Refly Mokoginta, pembersihan sungai tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang merugikan warga sekitar.

Pasalnya, beberapa hari belakangan ini intensitas curah hujan masih tinggi terjadi di wilayah Bolmong Raya yang menyebabkan menumpuknya sampah di area sungai

“Penumpukan sampah di sungai menyebabkan air tak bisa berjalan normal. Saat hujan deras, maka air sungai pun meluah ke pemukiman warga,” kata Refly, Senin (12/3/2018).

Lanjutnya, tumpukkan sampah yang diangkut tersebut langsung dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Kelurahan Mongkonai.

“Petugas kebersihan langsung membawa sampah-sampah ke TPA Mongkonai,” tambahnya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak lagi membuang sampah di sungai tersebut. Hal itu bertujuan, agar tak ada lagi luapan air yang masuk ke rumah warga yang tinggal di pinggiran sungai.

“Mari kita jaga lingkungan sekitar kita. Jangan sampai kesalahan satu orang, namun merugikan banyak orang,” imbaunya. (rza)

To Top