Berita Bolmong

Dinas Pendidikan dan Yonarmed Sinergi Kembangkan Generasi Muda

Kroniktotabuan.com
Lompat Jauh Pada Kegiatan 02SN dan FL2SN

Lompat Jauh Pada Kegiatan 02SN dan FL2SN

BOLMONG– Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow, melaksanakan kegiatan O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) dan FL2SN (Festival Lomba Seni Nasional) tingkat SMA dan SMK se Bolaang Mongondow bertempat di Markas Yonarmed 19/105 Tarik Bogani.

Komandan Batalyon Armed 19/105 Tarik Letnan Kolonel ARM Gregorius Eka Setiawan mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud sinergitas Pemerintah Kabupaten Bolmong dan TNI dalam melaksanakan pengembangan generasi muda Indonesia. “Sesuai amanat UU, TNI wajib membantu pemerintah dalam melaksanakan kegiatan terutama dalam proses pembangunan sumber daya manusia yang maju dan modern serta berwawasan kebangsaan,” ujarnya.

Tujuan sinergitas antara TNI dan Pemda lanjut Letkol ARM Gregorius, agar tercipta geberasi yang sehat, cerdas dan terampil, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kepala Cabang Dikda Provinsi Sulut (Sulawesi Utara), Kabupaten Bolmong dan Bolmut, Lucky Tompudung, menjelaskan, kegiatan ini sebagai rutinitas tahunan. “Ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional setiap tahun,” jelasnya.

Selain itu, merupakan ajang seleksi bagi siswa-siswi berprestasi yang berada di Kabupaten Bolmong dan Bolmut. “Melalui kegiatan ini, bisa belajar bagaimana bertanding dan kompetisi degan baik, serta belajar menjujung tinggi sportivitas. Apalagi generasi ini adalah harapan bangsa dan kebanggaan dari setiap masing-masing keluarga,” tukasnya.

Kepala Seksi  SMA dan SMK Cabang Dikda Provinsi Sulut, Kabupaten Bolmong dan Bolmut, Mohamad Dilapanga, menambahkan, kegiatan itu diikuti oleh seluruh siswa SMA dan SMK yang ada di Bolmong dan Bolmut dengan jumlah peserta 600 siswa-siswi dari 20 SMA Negeri dan Swasta dan 22 SMK Negeri dan Swasta. “Pada O2SN ada lima jenis cabang olahraga yang sudah dilombakan yakni, atletik, renang, badminton, karate, dan silat. Sementara, dalam FLS2N yang akan sudah dilombakan yakni, baca puisi, tari kreasi berpasangan, vocal solo, gitar solo, teater monolog, desain poster, kria, tari tradisional, piano klasik, film pendek dan semuanya berjalan baik,” tandasnya. (ahr)

To Top