DPMD Boltim Lakukan Pendampingan Pengimputan dan Update Profil Desa

KRONIK TOTABUAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan pendampingan pengimputan dan update profil desa.

Kepala DPMD Boltim, mengungkapkan hal ini dilakukan guna mensukseskan program desa tanggu di Kabupaten Boltim.

“Profil desa sangat penting demi kemajuan desa. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan,” ucap Hendra.

Baca Juga: Canangkan Desa Bersinar, Limi Harap Tak Ada Konflik Lagi di Dumoga

Dirinya melanjutkan bahwa dalam Permendagri tersebut juga diatur mekanisme penyusunannya.

“Di dalam profil desa terdapat data-data informasi tentang kondisi desa, diantaranya data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang ada di desa,” ujar Hendra, saat mendampingi penyusunan profil desa di Kantor Camat Modayag, Senin (27/06).

Lanjut mantan Kepala Bagian Hukum Pemkab Boltim ini mengatakan, pendampingan tersebut berlangsung di semua desa dan pelaksanaannya dipusatkan di tiap kecamatan.

“Selama kurang lebih 6 tahun ini, Kabupaten Boltim menempati urutan ke 15 dalam pengimputan profil desa dan hanya mencapai 6,8 persen, sehingga untuk tahun ini kita berusaha untuk memperbaiki itu,” jelasnya.

Hendra menambahkan, saat ini sudaj ada beberapa desa yang didampinginya untuk pemginputan profil desa dan presentase sudah mencapai 38 persen.

“Profil desa sangat penting untuk pengembangan desa untuk data dasar yang dibutuhkan dalam proses penyusunan rencana pembangunan desa,” pungkasnya.(Retho Bambuena)

Berita Terpopuler