Berita Bolmong

Esok Vaksinasi Covid-19 di Bolmong, Siap-siap Forkopimda dan 985 Nakes

Esok Vaksinasi Covid-19 di Bolmong, Siap-siap Forkopimda dan 985 Nakes
Erman Paputungan
Kroniktotabuan.com

BOLMONG– Program vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan dimulai Jumat (5/2/2021) esok.

Tahap pertama ini yang akan divaksin adalah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan 985 tenaga kesehatan (Nakes).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong Erman Paputungan melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Yusuf Detu mengatakan, vaksinasi akan berlangsung di 18 Puskesmas.

Pada proses vaksinasi esok, Yusuf Detu mengatakanh ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses skrining.

Baca Juga: Pemerintah Resmi Tiadakan UN 2021

“Skrining akan menentukan penerima vaksin memenuhi kriteria atau tidak untuk divaksin,” ucap Yusuf, Kamis (4/2/2021).

Sebelumnya Kabupaten Bolmong telah menerima 2000 dosis vaksin. Vaksin tersebut nantinya masih akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan, serta para pejabat pemerintah daerah dan Forkopimda.

Beberapa waktu lalu, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow menyatakan siap divaksin.

Baca Juga: Bappeda Bolmong Mulai Gelar FGD Penyusunan Dokumen RAD, KKS, KLA dan Stunting

Yasti mengatakan bahwa sebagai pemerintah dirinya harus menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kalau ditanya soal kesiapan untuk divaksin, tentu saya orang pertama yang siap divaksin di Bolmong,” ucap Yasti, Rabu 20 Januari 2021 lalu.

Dirinya mengatakan bahwa kesiapan dirinya untuk divaksin tentu juga harus disertai dengan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan vaksinasi. Hal ini sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada kelompok yang tidak bisa menerima vaksinasi.

“Sebagai kepala daerah, saya mendukung penuh langkah pemerintah pusat untuk melakukan vaksinasi seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo,” ujar Yasti. (gan)

To Top