Menu

Mode Gelap

Berita Bolsel

Ini Kabar Gembira untuk Kelompok UMKM di Bolsel


23 Nov 2020 16:44 WITA


 Ini Kabar Gembira untuk Kelompok UMKM di Bolsel Perbesar

BOLSEL– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melalu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPT), akan memberikan surat izin usaha gratis bagi masyarakat. Program ini mulai berlaku tahun 2021.

Kepala DPMPT Bolsel Arsalan Makalalag mengatakan, tahun depan akan melanjutkan pengurusan izin usaha bagi UMKM secara gratis. Sedangkan tahun ini, pengurusan izin usaha bagi UMKM gratis, sudah dilakasanakan di 4 kecamatan. Yaitu, Kecamatan Pinolosian, Kecamatan Posigadan, Kecamatan Helumo serta Kecamatan Tomoni.

Sementara 3 kecamatan belum, yakni Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim) serta masih ada beberapa desa di Kecamatan Bolaang Uki. Itu semua dilanjutkan tahun depan.

“Pendaftaran pengurusan izin gratis ini harus secara online. Ada beberapa desa yang ada di beberapa kecamatan tersebut yang tidak terjangkau jaringan internet, seperti desa lungkap seperti di Kecamatan Pinolosian Tengah. Ada juga di Kecamatan Pinolosian Timur dan Bolaang Uki. Akan dilanjutkan tahun depan,” katanya ditemui Senin (23/11/2020.

Ia juga mengungkapkan bahwa, desa-desa yang tidak bisa di jangkau jaringan internet dalam pengurusan ijin gratis sudah di bantu oleh pihak DPMPT. Selain itu, pengurusan izin gratis sebagai langkah untuk mensosialisasikan pentingnya dokumen yang berhubungan dengan izin usaha.

“Karena dalam pengurusan izin memakai jaringan internet, kami turun ke desa-desa untuk membantu dengan mengumpulkan berkasnya dan diurus di dinas, prosesnya selama 2 hari. Setelah selesai izin diberikan dan berkas dikembalikan ke penerima,” ungkapnya.

Arsalan Makalalag menambahkan, yang tidak masuk dalam izin usaha gratis ini, mereka yang tidak mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Yang berhak mendapatkan Izin gratis ini semua usaha seperti izin warung, perbengkelan, rumah makan dan usah-usaha lainnya selama memiliki izin mendirikan bangunan. Yang tidak masuk dalam izin gratis ini hanya izin IMB,” tukasnya. (adi)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Lima Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Kota Sekayu

12 Juni 2024 - 12:56 WITA

Bupati Iskandar Hadiri Paripurna, DPRD Bolsel Terima Pertanggungjawaban APBD 2023

11 Juni 2024 - 20:06 WITA

Pembukaan MTQ ke-XXX Sulut 2024 Kotamobagu; Wagub Steven Kagum, Meiddy Apresiasi Seluruh Panitia Pelaksana

11 Juni 2024 - 17:49 WITA

Serahkan Bantuan Alsintan Jenis Traktor Roda 4 untuk Petani, Ini Pesan Pj. Walikota Kotamobagu

11 Juni 2024 - 17:36 WITA

Jusnan Mokoginta Hadiri Kegiatan Moderasi Beragama FKUB Bolmong

11 Juni 2024 - 14:28 WITA

Pembukaan MTQ ke 30 Sulut di Kotamobagu  Berlangsung Meriah, Wagub Steven Puji Kinerja Panitia

11 Juni 2024 - 09:54 WITA

Trending di Berita Daerah