Berita Daerah

Jumlah DTKS Berkurang, Ini Penjelasan Dinsos Kotamobagu

Foto Berita Daerah
KEPALA DINAS SOSIAL KOTAMOBAGU, NOVAL MANOPPO

KRONIK TOTABUAN – Tahun 2021 ini, penerima Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kotamobagu berkurang dari sebelumnya 9.106 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menjadi 5.000 KPM.


“Berkurangnya DTKS KPM tahun ini dikarenakan adanya refocusing anggaran untuk penanggulangan pandemi Covid-19, sebab anggarannya di APBD hanya Rp81.425.000 tahun ini, itu sudah termasuk verifikasi dan validasi,” ujar Kepala Dinas  Sosial (Dinsos) Kotamobagu, Noval Manoppo, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Nahkodai Askab PSSI, Fico Komitmen Bangun Sepakbola di Boltim

Noval menambahkan bahwa untuk saat ini sudah sekitar 12 kelurahan/desa yang sudah memasukkan hasil pemutakhiran DTKS, dan masih ada 11 kelurahan/desa yang belum memasukan data.

“Data ini yang akan menjadi rujukan penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bantuan sosial tunai (BST) yang berasal dari DTKS maupun penerima bantuan non-DTKS yang tidak valid. Akan tetapi tidak semua yang diusulkan akan menjadi penerima bantuan. Nantinya pusat akan melakukan verifikasi, selanjutnya baru akan ada daftar penerima bantuan yang telah diverifikasi, dan kami hanya sebatas mengusulkan,” ujarnya.(Retho)

Jangan lupa bagi para pembaca bisa baca berita selanjutnya dan pantau situs KronikTotabuan.com yang akan terus memberikan informasi menarik lainnya.

To Top