Menu

Mode Gelap

Berita Daerah

Kualitas Beras Kotamobagu Terbaik di Sulut


10 Apr 2018 14:30 WITA


 Kualitas Beras Kotamobagu Terbaik di Sulut Perbesar

KOTAMOBAGU– Beras dari luar banyak yang masuk ke Sulawesi Utara (Sulut), tapi tetap saja beras Kotamobagu atau lebih dikenal beras kota jadi pilihan utama orang Nyiur Melambai untuk dikonsumsi.

Itu karena kualitas beras kota tetap yang terbaik. Terbukti dengan tingginya permintaan beras kota dari masyarakat terutama pelaku usaha rumah makan di Manado, Minahasa hingga Bitung.

“Setiap bulan saya memasok beras ke Manado hingga Bitung sekira 7- 10 ton. Ada beberapa pengusaha tempat makan ternama di sana yang harus saya penuhi kebutuhan mereka,” ujar  Ali Mamonto, salah satu distributor beras kota, Selasa (10/4/2018).

Pengusaha tempat makan di Manado dan Bitung, kata dia, rata- rata memilih beras kota karena kualitasnya yang lebih baik dari beras- beras dari daerah lain.

“Bahkan ada beberapa tempat lagi yang minta, tetapi saya sudah tak mampu memenuhinya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu, Muljadi Surotenojo, menejelaskan, meski luas persawahan tinggal sekira 1.725,24 hektare akibat perluasan pembanguan daerah perkotaan, namun kualitas beras yang diproduksi petani tetap bagus atau diunggulkan di Provinsi Sulut.

“Kualitas beras yang diprokdusi petani kita masih jadi unggulan. Para petani harus mempertahankan cara perawatan hingga masa panen. Kultur tanah kita baik apalagi ditopang sistem pengairan yang memadai, dan sistem cocok tanam para petani sudah baik,” terang Muljadi.

Selain kualitas beras baik, sektor ketersediaan pangan Kotamobagu terbilang baik. Sebab produksi beras mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yakni produksi 14.447 ton dari total kebutuhan permintaan 12.740 ton beras.

“Ini harus tetap dipertahankan. Pemerintah terus berupaya membantu petani, penyuluh tetap mendampingi agar sejak masa tanam hingga panen kualitas tetap terjaga. Kualitas beras Kotamobagu yang baik adalah salah satu kebanggan kita. Masyarakat Sulut mengenalnya dengan sebutan beras kota,” tutupnya. (zha)

 

Komentari
Artikel ini telah dibaca 195 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Polsek Batang Hari Leko Gelar Sunatan Massal hingga Bansos Jelang Hari Bhayangkara ke-78

21 Juni 2024 - 20:17 WITA

Tindak Lanjuti Pengajuan Proposal Rehabilitasi Gelora Ambang, Pj. Walikota Kunjungi Kemenpora

21 Juni 2024 - 18:23 WITA

Asisten 1 Setda Kotamobagu Terima Kunker Kanwil Kemenkumham Sulut

20 Juni 2024 - 20:16 WITA

Pj. Walikota Lakukan Kunker ke RSI Jakarta, Ini yang Dibahas

20 Juni 2024 - 20:08 WITA

Lestarikan Tradisi Bekarang, Pemkab Muba Akan Gelar Festival Embung Senja

20 Juni 2024 - 17:09 WITA

Meiddy- Haris Menguat Diusung PDIP di Kotamobagu, Ini Penegasan DPP

20 Juni 2024 - 06:11 WITA

Trending di Berita Daerah