Menu

Mode Gelap

Berita Bolmong

Pantau Stok Harga Pangan Jelang Idul Adha, TPID Bolmong Lakukan Sidak


14 Jun 2024 14:16 WITA


 Pantau Stok Harga Pangan Jelang Idul Adha, TPID Bolmong Lakukan Sidak Perbesar

KRONIK TOTABUAN, Bolmong – Guna memastikan stok komoditas pangan tercukupi dan harga kebutuhan pokok stabil menjelang hari raya Idul Adha, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan sidak di sejumlah pasar dan toko di Dataran Dumoga.

TPID Bolmong ini masing-masing, Dinas Pertanian, DKP, Dinas Perdagangan dan ESDM, bagian Ekonomi, Camat, Kapolsek dan Dandramil tersebut, menyisir ke beberapa pedagang di Pasar Kosio, pasar tradisional Dumoga dan sejumlah toko di Desa Ibolian, Jumat (14/6/2024).

Sidak yang dilakukan TPUD ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bolmong untuk melakukan pengawasan sekaligus antisipasi kenaikan inflasi yang dapat mempengaruhi daya beli dan kesejahteraan masyarakat.

Dari pantauan, di pasar Kosio dan Dumoga serta beberapa toko di Desa Ibolian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) I Wayan Mudiyasa menyebut, stok pangan di dataran Dumoga jelang Hari Raya Idul Adha terpantau aman untuk mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat, meskipun beberapa komoditas mengalami sedikit kenaikan harga.

“Secara umum stok tersedia dan tidak terjadi kelangkaan di pasaran. Harga pangan juga relatif stabil, meski beberapa komoditas seperti cabai mengalami sedikit kenaikan harga namun harganya masih dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET),” kata Wayan.

Meskipun saat ini stok dan harga pangan di dataran Dumoga masih terpantau aman, Mudiyasa mengatakan pihaknya akan terus memantau secara rutin setiap harinya.

Jika nantinya ditemukan harga komoditas pangan yang mengalami kenaikan hingga melebihi HET baik menjelang atau setelah hari raya Idul Adha, Pemda Bolmong akan melakukan intervensi berupa pasar murah atau OPM.

Terakhir Mudiyasa, berharap dengan stok bahan pangan yang tersedia, masyarakat bisa berbelanja bijak dan tidak membeli barang berlebihan atau melakukan penimbunan. (Falen)

Komentari
Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

KPU Bolmong Gelar Rakor Tindak Lanjut Data TMS, Libatkan Disdukcapil dan PPK 15 Kecamatan

18 Juli 2024 - 21:27 WITA

Mantan Bupati, Birokrat, Akademisi hingga Wartawan Senior, Berikut Daftar Staf Khusus Wali Kota Kotamobagu dan Tugasnya

17 Juli 2024 - 22:06 WITA

Dinas Kominfo Muba Ikut Sosialisasi SPBE

17 Juli 2024 - 21:49 WITA

Pemkot Kotamobagu Ikuti Evaluasi SAKIP Tahun 2024

17 Juli 2024 - 19:47 WITA

Inilah Lima Cemilan yang Bisa Turunkan Asam Urat, Harus Dicoba!

16 Juli 2024 - 10:24 WITA

Taman Hiasa Ramah Lingkungan Akan Dibangun DLH Muba, Cek Lokasi dan Desainnya

16 Juli 2024 - 10:00 WITA

Trending di Berita Daerah