Berita Kotamobagu

Pemerintah Desa Moyag Maksimalkan Potensi Gula Aren

Pemerintah Desa Moyag Maksimalkan Potensi Gula Aren
Kroniktotabuan.com

Kotamobagu – Desa Moyag yang merupakan sentra penghasil gula aren terbesar di Kotamobagu. Potensi produksi gula aren di Desa Moyag sendiri sudah ada sejak jaman dulu.

Mayoritas penduduk desa Moyag sendiri, sejak dulu sudah terkenal sebagai pembuat gula aren yang ulung di Bolaang Mongondow Raya walaupun dengan peralatan tradisional, hal ini terbukti dengan popularitas dan larisnya gula aren yang berasal dari Desa Ini.

Potensi produksi gula aren tersebut kini mulai dikelola dengan profesional dan dengan peralatan yang lebih modern, hal ini di fasilitasi oleh Badan Usaha Milik Desa yang terdapat di desa tersebut.

Pemerintah desa akan terus melakukan upaya dalam memaksimalkan produksi gula aren tersebut, guna mendorong perekonomian masyarakat.

“Banyaknya warga yang berprofesi sebagai pembuat gula aren, membuat desa kami menjadi desa penghasil gula aren terbesar di Kotamobagu, karenanya hasil produksi warga nantinya akan kita pasarkan melalui Bumdes dengan cara membeli gula hasil produksi mereka”, Ujar Sekretaris Desa Moyag, Maskur Gumalangit.

Maskur menambahkan ada sekitar 15 pengrajin yang nantinya gula hasil olahan mereka akan kita beli. Dimana setiap pengrajin bisa memproduksi sampai dengan 40 buah gula aren setiap tiga hari pengolahan.

“Dari penmbuat gula aren pihak Bumdes akan membeli dengan harga 10 ribu rupiah per buah dan akan kembali dipasarkan pihak bumdes dengan harga 12 ribu rupiah”, ujarnya.(Bto)

To Top