Menu

Mode Gelap

Advertorial

Penjabat Walikota Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan


10 Nov 2023 21:54 WITA


 Penjabat Walikota Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Perbesar

KRONIK TOTABUAN – Pj WaliKota, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, bertempat di Lapangan Olahraga Desa Kopandakan 1, Jumat (10/112023).

Pj WaliKota (Membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini). “Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung Tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,”ucapnya.

Asripan menyampaikan, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

“Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa, kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah,” ujarnya.

“Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora. Dengan hanya berbekal bambu runcing, para Pahlawan dalam Pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati,” ungkapnya.

Usai kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di Kota Kotamobagu, Wali Kota bersama perwakilan Forkopimda, perwakikan Instansi Vertikal para Asisten dan para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu melaksanakan Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) – Kelurahan Mongkonai Barat Kecamatan Kotamobagu Barat.

Turut hadir dalam upacara tersebut, perwakilan Forkopimda, perwakilan Instansi Vertikal di Kota Kotamobagu, para Asisten, para Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, TNI, Polri, para Camat, Lurah dan Sangadi beserta perangkat serta ASN dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.(Adve)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Perayaan Cap Go Meh di Kotamobagu Sabtu Nanti Bakal Tampilkan Tang Sin dan Barongsai

22 Februari 2024 - 17:33 WITA

Maksimalkan Pelayanan KTP Digital, Disdukcapil Kotamobagu Bakal Jemput Bola

21 Februari 2024 - 21:39 WITA

Perayaan Cap Go Meh di Kotamobagu Bakal Digelar Meriah Akhir Pekan Ini

21 Februari 2024 - 17:25 WITA

Harga Beras Naik! Pemkot Kotamobagu Bakal Gelar Operasi Pasar Murah

20 Februari 2024 - 21:40 WITA

Pelaku Curanmor Diringkus Reskrim Polsek Sekayu

20 Februari 2024 - 07:37 WITA

Walikota Kotamobagu bersama Empat Kepala Daerah se- BMR Teken MoU dengn BPKP Sulut

19 Februari 2024 - 21:27 WITA

Trending di Berita Daerah